15 Tempat Wisata Bali Yang Jarang Diketahui

Wajib Dikunjungi! 15 Lokasi Wisata Tak Biasa di Pulau Dewata Bali yang sedikit diketahui bahkan oleh masyarakat Bali sendiri :

1. Istana Air Taman Ujung Karangasem

Istana Air Taman Ujung Karangasem - Pulau Dewata Bali
Istana Air Taman Ujung Karangasem – Pulau Dewata Bali
Lokasi wisata satu ini mungkin masih begitu jarang Anda dengar. Padahal, Istana Air Taman Ujung Karangasem menyimpan banyak pesona yang dijamin mampu membuat Anda betah berlama-lama berada di Taman Ujung ini. Lokasi Istana Air Taman Ujung adalah di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Bali yang jaraknya sekitar 3 jam perjalanan mobil dari Denpasar. Disini, terdapat bekas istana air Kerajaan Bali yang dibangun tahun 1909. Uniknya, bangunan istana nampak adalah perpaduan gaya tradisional Bali dengan Eropa.

2. Tukad Unda Klungkung Pulau Dewata Bali


Tukad Unda Klungkung berada di Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, jaraknya sekitar 70 Km dari Denpasar dan bisa ditempuh dengan 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Tukad Unda sebenarnya bukan air terjun melainkan sebuah dam dengan debit air yang begitu besar dan tak berhenti mengalir sepanjang musim. Saking cantiknya pemandangan di Tukad Unda Klungkung, banyak pasangan melakukan foto pre-wedding di lokasi wisata ini.

3. Pantai Tegal Wangi Jimbaran


Jarak pantai ini hanya 30 menit saja dari Bandara Internasional Airport, lokasinya pun begitu dekat dengan pantai Jimbaran yang sudah terkenal dengan wisata kulinernya. Namun anehnya, masih belum banyak pengunjung maupun wisatawan yang menghabiskan waktu di Pantai Tegal Wangi Jimbaran yang sebenarnya adalah lokasi pas untuk menyaksikan matahari terbenam.

4. Hutan Mangrove Bali


Hutan Mangrove Bali letaknya bisa dibilang begitu dekat dengan Denpasar. Para wisatawan bahkan mungkin beberapa kali melewati daerah ini, mengingat Hutan Mangrove Bali tepat berada di akses jalan By Pass Ngurah Rai. Hutan Mangrove Bali menawarkan keindahan hutan bakau di tengah kota. Adanya jembatan panjang sebagai penghubung membuat lokasi wisata ini tepat untuk menghabiskan waktu di siang yang terik.

5. Pantai Pandawa Kutuh


Pantai satu ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Bali. Terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Pantai Pandawa seringkali dinamai “Secret Beach” atau Pantai Rahasia karena letaknya yang tersembunyi dibalik dinding batu kapur alami.

6. Danau Tamblingan Buleleng


Meski seringkali mendengar mengenai danau kembar tiga satu ini, namun belum banyak wisatawan yang benar-benar berkunjung ke Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali tersebut. Danau Tamblingan merupakan salah satu danau dari tiga danau kembar, Danau Buyan dan Danau Beratan. Keindahan Danau Tamblingan palin nampak ketika matahari terbit menyingkap kabut yang menyelimuti danau.

7. Danau Beratan Bedugul


Bila danau Tamblingan terkenal dengan nuansa mistis dengan selimut kabutnya, maka Danau Beratan justru sudah cukup dikenal berkat eksotisme dan kecantikan dari danau ini. Wisatawan dapat menyewa perahu disekitar danau untuk berlayar mengelilingi Danau Beratan.

8. Pantai Sawangan Nusa Dua


Diantara deretan hotel berbintang dan resort di area Nusa Dua, rupanya tersembunyi sebuah pantai yang begitu cantik. Pantai Sawangan, yang letaknya persis dibelakang Nikko Hotel menawarkan keindahan tersendiri. Bukan hanya pantai putih yang membentang di bibir pantai, Pantai Sawangan pun menawarkan unta-unta yang bisa disewa oleh pengunjung. Baik itu untuk ditunggangi berkeliling pantai, maupun hanya untuk berfoto saja. Seru ya!

9. Desa Jatiluwih Tabanan, Pulau Dewata Bali

Pemandangan Sawah Terasering di Desa Jatiluwih Tabanan - Pulau Bali
Pemandangan Sawah Terasering di Desa Jatiluwih Tabanan – Pulau Bali
Mungkin tak banyak yang tahu, namun Desa Jatiluwih Tabanan, Pulau Dewata Bali ini menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan sawah terrasiring. Di daerah ini, sawah terrasiring menjadi salah satu ikon tersendiri, yang bahkan sudah sejak 29 Juni 2012 ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Bila ingin menikmati pemandangan nan asri dan sejuk di antara hamparan sawah terrasiring, Desa Jatiluwih Tabanan terletak di kaki Gunung Batur, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

10. Monumen Bajra Sandhi Renon

Monumen Bajra Sandhi Renon - Pulau Dewata Bali
Monumen Bajra Sandhi Renon – Pulau Dewata Bali
Bila ingin mencoba berwisata sejarah dan budaya, maka Monumen Bajra Sandhi Renon bisa menjadi pilihan. Monumen ini menyimpan banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah yang menjadi saksi kemerdekaan dan perjuangan warga Bali. Monumen Bajra Sandhi Renon terletak persis di tengah lapangan Renon, dan pengunjung tak hanya bisa menikmati pemandangan di taman bawah saja, namun juga dapat menaiki tangga hingga ke puncak monumen untuk menyaksikan keindahan kota Denpasar dari ketinggian. Di lantai bawah Monumen Bajra Sandhi Renon terdapat foto-foto yang menunjukan perjuangan rakyat Bali dalam mengusir penjajah, sedangkan di lantai dua terdapat 33 diaorama yang juga menunjukan perjuangan dalam meraih kemerdekaan.

11. Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara - Pulau Dewata Bali
Pantai Karma Kandara – Pulau Dewata Bali
Bila sebelumnya sudah kita bahas mengenai Pantai Pandawa, maka Pantai Karma Kandara pun berada di lokasi yang nyaris berdekatan. Pantai Pandawa memiliki lokasi yang cukup tersembunyi, sedikit berbeda dengan Pantai Karma Kandara yang lebih mudah diakses. Nyaris sama dengan pantai yang berada di sisinya, Pantai Karma Kandara pun memiliki keindahan pantai yang akan membuat pengunjung terkagum-kagum.

12. Pantai Virgin Karangasem Bali


Pantai Virgin Karangasem Bali memang tak akan familiar untuk para warga Bali. Warga lokal sendiri lebih banyak menyebut pantai ini sebagai Pantai Perasi. Pantai ini benar-benar tersembunyi dan tak banyak orang yang tahu. Pengunjung di pantai ini dijamin akan benar-benar menikmati keindahan pantai tanpa banyak pengunjung lain di lokasi tersebut. Seakan memiliki pantai pribadi di Pulau Dewata Bali.

13. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang - Pulau Dewata Bali
Pantai Padang Padang – Pulau Dewata Bali
Pantai satu ini memang belum begitu dikenal, namun bukan berarti tak layak untuk dikunjungi. Keunikan dari pantai padang-padang adalah letaknya yang tersembunyi dibalik tebing-tebing tinggi, dan pengunjung pun harus melewati sederet anak tangga sempit untuk mencapai lokasi pantai. Disini pengunjung tak hanya bisa bersantai sembari bermain air, namun juga menikmati matahari terbenam di atas bukit yang menghadap langsung ke laut lepas.

14. Telaga Waja


Bila mendengar nama sungai satu ini, maka yang teringat pertama adalah aktifitas arung jeram yang menantang adrenaline. Telaga Waja memiliki arus yang deras serta banyaknya batu-batu besar yang membuat petualangan arung jeram semakin seru. Belum lagi, pada akhir perjalanan akan ada sebuah pintu air yang harus dilewati, dan membuat perjalanan semakin seru!

15. Sungai Ayung


Bila sebelumnya berarung jeram di Telaga Waja akan memberikan petualangan tersendiri, maka Sungai Ayung memberikan kepuasan tersendiri, yakni keindahan pemandangan alam yang begitu memukau. Sungai Ayung melintasi perbukitan dengan tebing batu yang menjulang tinggi. Tak itu saja, terdapat pula pohon-pohon rindang berderet serta hutan-hutan kecil disekitar rute arung jeram. Aktivitas arung jeram di Sungai Ayung terbilang cukup mahal, terutama bila dibandingkan dengan lokasi lain. Namun tentu saja sebanding dengan keseruan yang ditawarkan. Bagaimana? Apa kalian mendapatkan tambahan referensi destinasi wisata alam di Pulau Dewata Bali? let’s Go and Always Happy !!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama