32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik Dikunjungi

Bangka Belitung adalah kawasan yang memiliki hampir 470 buah pulau dan hanya 50 pulau yang berpenghuni.  Belitung merupakan kota yang beberapa tahun belakang sangat terkenal disebabkan Film Laskar Pelangi yang mengangkat kehidupan warga Asli Belitung.


Sebagai wilayah yang memiliki potesi wisata yang sangat potensial. Kini Belitung memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Dulunya sumberdaya alam bagi kehidupan sebagian besar masyarakat berasal dari penambangan timah. Namun kini kota Belitung lebih dikenal sebagai tempat yang memiliki keindahan pantai yang sangat mempesona.



Tempat wisata di Belitung di dominasi dengan keindahan pantai-pantai yang indah, panorama alam bawah laut yang kaya akan biota laut, serta keindahan panorama alam yang begitu mempesona. Kali ini Jalanncerita.com akan mengajak anda untuk jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di belitung yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini diantaranya;



1. Pulau Lengkuas

http://nationalgeographic.co.id/
Tempat wisata di Belitung yang pertama yaitu Pulau Lengkuas. Pulau ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 1 Hektar. Meskipun hanya memiliki ukuran yang kecil, pesona keindahan yang ditawarkan di Pulau ini sangatlah besar.


Di pulau ini terdapat mercusuar peninggalan belanda yang dibangun pada tahun 1882. Para wisatawan bisa menaiki mercusuar setinggi 50 meter dengan menaiki ratusan anak tangga. Dari sinilah pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang sangat eksotik dari ketinggian.



Para pengunjung juga dapat menikmati dinginnya air laut dengan cara berenang di tengah laut yang berwarna biru dan amatlah jernih. Pengunjung juga bisa bersantai di pinggir laut maupun di tengah batuan granit sekaligus dijadikan sebagai baground dalam berfoto. Ketika anda sudah lelah bermain di tempat ini dan merasa kehausan. Maka anda bisa menikmati manis air kelapa yang bisa anda peroleh di warung-warung yang berada sekitar wilayah Pantai.



2. Pantai Nyiur Melambai

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
Belitungpeleser.com
Pantai Nyiur Melambai merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat Belitung. Pantai ini memiliki bibir pantai yang lebar dan panjang, dihiasi dengan pasir putih nan bersih.

Pemandangan menarik yang dimiliki yaitu di tepian Pantai Nyiur melambai berjajar batang-batang kecil, mirip seperti rel kereta api. Selain itu hembusan angin yang kuat membuat daun-daun pepohonan cemar melambai-lambai seperti menyepa para pengunjung. Suasana di sekitaran pantai juga sangat nyaman dan terawat. Dilengkapi fasilitas seperti tempat duduk, taman bermain, serta area volly pantai.

Jika anda merencanakan liburan ke Pantai Nyiur Melambai maka anda bisa datang ke Desa Lalang, Kecamatan Menggar, Belitung Timur.


3. Pantai Tanjung Tinggi

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://www.belitungcakrawala.com
Pantai Tanjung Tinggi merupakan Pantai yang menjadi tempat wisata unggulan di Belitung. Pantai ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film paling fenomenal di Indonesia yaitu film Laskar Pelangi. Dari film ini pula nama belitung menjadi sangat terkenal.

Pantai tanjung Tinggi amatlah indah, tak heran banyak para wisatawan yang berasal dari mancanegara mengunjungi tempat ini. Pantai ini berbentuk teluk kecil yang memiliki panjang 100 meter. Selain kecantikannya, daya tarik lainnya yang dimiliki pantai ini yaitu hampara batu-batu granit yang ada di sekitaran pantai. Disini anda juga bisa menikmati olahraga air seperti berenang, menyelam dan snorkling. Selain itu anda juga bisa menikmati pesona langit terbenamnya matahari.


Jika anda akan berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi maka bisa datang ke Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Untuk aksesnya bisa menggunakan mobil pribadi atau transportasi umum. 



4. Pantai Penyak

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi

Tempat wisata di Belitung Selanjutnya yaitu Pantai Penyak. Pantai ini terkenal dengan sebutan pantai dengan garis pantai terpanjang di Bangka yang mencapai hingga 3 Km. Pantai ini terletak di Desa Penyak, Koba, Kabupaten Bangka Tengah. 


Pantai Penyak memiliki pesona pada permukaan pantainya yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya. Selain itu salah satu kelebihan di Pantai Penyak yaitu sejarah mencatat pada tahun 1986 Pantai ini dijadikan salah satu tempat pengamat dari seluruh dunia berkumpul untuk memnantau terjadinya gerhana matahari.


5. Pantai Tanjung Kelayang

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
Sejak dahulu Pantai Tanjung Kelayang sudah dijadikan sebagai tempat wisata di Kabupaten Belitung. Hingga kini pantai ini menjadi salah satu pantai terpopuler yang ada disini. Sebagai pusat rekreasi pantai ini selalu ramai disinggahi oleh ratusan perahu yact dari manca negara dalam rangka Even Sail Indonesia. Pantai ini digunakan sebagai pelabuhan yang digunakan untuk wisatawan melakukan Tour Island Hopping.


Keindahan pantai ini terlihat jelas dari pemandangan yang begitu mempesona. Hiasan puluhan batu-batu granit yang ada di sekitar perairan ditambah dengan gradasi birunya air laut yang membuat mata tercengang. Disini para wisatawan juga bisa menikmati dinginnya air dengan cara berenang, snorkling, atau hanya sekedar berfoto untuk mengabadikan moment liburan.



Jika anda bermintat untuk mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang maka bisa datang ke Desa Keciput, Kecamatan Sirjuk, Kabupaten Belitung. Jaraknya sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan.



6. Pulau Memperak

http://maripelesir.blogspot.co.id

Pulau Memperak terletak di Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pulau ini memiliki eksotisme pantai dengan hiasan batu granit berbentuk raksasa.

Pualu Memperak ini begitu indah dengan perpaduan pasir putihnya yang begit halus. Di pulau ini menawarkan keindahan duniah bawah laut dengan taman terumbu karangnya yang begitu indah. Pulau ini juga dijadikan sebagai Spot Snorkling. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat penyu-penyu yang naik kedaratan untuk bertelur dan ini biasanya terjadi pada musim kemarau.

 
7. Kawasan Pantai And Resort Bukit Berahu

Pantai Bukit Berahu Belitung terletak agak tersembunyi di Kaki Bukit Perahu. Lingkungan sekitar pantai ini sangat tampak asri dan terawat. Jika ingin mendatangi tempat ini maka pengunjung harus menuruni 96 buah undukan. Lumayan berat memang untuk menjalaninya tapi semua akan terbayar dengan keindahan yang begitu indah.

Pemandangan keindahan dapat dinikmati dari rumah punggung yang ada di tepian Pantai. Panjang pantai ini bisa dikatakan pendek sehingga jika kita berada disini akan berasa sedang berada di Pantai Pribadi. Tempat ini cocok digunakan sebagai tempat menyepi selama berrlibur.


8. Pantai Punai

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi

Pantai Punai adalah pantai indah yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Sompak Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Letaknya 93 km dari ibukota Tanjungpanda. 

Keindahan pantai ini memiliki pasir putih dan bagiannya di hiasi batu-batu granit yang kecil. Di pantai ini ada banyak fasilitas yang disediakan dan dikembangkan oleh pemerintah setempat. Warung sea food, cottage, kamar bilas dan berbagai fasilitas lainnya akan menjadi pelengkap liburan anda. Ciri khas dari Pantai punai yaitu ombak yang tenang dengan warna gradasi warna laut biru dan kehijauan hingga memberikan pemandangan yang luar biasa.


9. Kampong Dedaun
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
Pantai Dedaun adalah pantai rekreasi yang menjadi tempat wisata di Belitung. Pantai ini berkonsep sebagai pantai sederhana yang lengkap sehingga mampu membuat pengunjung menikmati suasana pantai dengan nyaaman. 

Pantai ini terletak 3 Km di Timur Pantai Tanjung Tinggi. Terdiri dari keindahan pasir putih dengan pemandangan batu-batu granit di tengah laut. Tempat ini sengaja dibangun oleh sebuah perusahan resort. Di Pantai ini juga disediakan fasilitas olahraga air seperti penyewaan perahu untuk berlayar menikmati keindahan pantai.


10. Pantai Tanjung Binga

http://belitungtrans.com

Tempat wisata di Belitung selanjutnya yaitu Pantai Tanjung Binga. Pantai ini terletak di Desa Nelayan Keciput, 8 km dari Pantai Tanjung Tinggi. 

Keindahan yang dimiliki pantai ini yaitu keindahan air lautnya yang biru dan jernih. Pantai ini bisa digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pesona alam pantai yang indah dan bercengkrama dengan para nelayan.



12. Pantai Serdang
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://bansaitour.com
Pantai Serdang adalah pantai indah yang terletak di Kota Manggar, Kabupaten Belitung. Keindahan pantai ini berasal dari pasir putih yang cukup luas. Selain itu angin di pantai ini cukup kencang sehingga pantai ini memiliki ombak yang tinggi. Di sisi lain keindahan Pantai serdang dilengkap dengan adanya pohon pinus laut yang tinggi dan lebat yang setiap saat mengeluarkan suara khas akibat dari daun yang terus-menerus bertiup oleh angin.

 13. Pulau Pasir
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
Keindahan Pulau Pasir Menjadi Penambah salah satu tempat wisata di Belitung, Pulau ini terletak di Desa Keciput Kecamatan Sijuk. Pulau ini sangat kecil hanya sekitar 100 meter. Namun Pulau ini hanya bisa dikunjungi pada saat air tidak pasang dikarenakan letaknya berada di tengah laut yang sangat mempesona.


14. Pulau Batu Berlayar


Tempat Wisata di Belitung selanjutnya yaitu Pulau Batu Berlayar. Paulai ini terletak di sekitar Pantai Tanjung kelayang.

Hal yang unik di pantai ini yaitu pemandangan batu-batu granit yang berukuran besar dan berdiri menjulang ke atas. Pulau dengan pasir putih yang diatasnya berdiri bebatuan granit dan birunya air laut dengan tenang menambah keindahan di Pulau ini.


15. Pulau Kepayang
https://berita360.com
Pulau Kepayang atau yang lebih dikenal dengan Pulau Babi merupakan salah satu pulau terbesar di antara belasan pulau-pulau kecil di belitung. Pulau ini memiliki luas 14 hektar dengan berbagai sisi pantai yang mempesona.

Keindahan pantai ini sungguh sangat mempesona sehingga membuat banyak wisatawan mengunjunginya. Disini pengunjung bisa menyaksikan tempat penakaran penyu. Di sisi lain juga terlihat berbagai faslitas sepertu bilik-bilik peristirahatan, Outbound dan cootege sederhana yang bisa disewa dan letaknya langsung berhadapan langsung dengan pantai.

16. Pulau Lutong
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://www.belitungisland.com

Tempat wisata di Belitung selanjutnya yaitu Pulau Lutong. Pualu ini merupakan dua pulau yang menyatu pada saat air surut dan terpisah menjadi 2 pulau apada saat laut pasang. 

Keunikan yang dimiliki oleh Pantai Lutong adalah semenanjung pasir putih yang berada di sisi Selatan pulau Utama. Setiap pengunjung yang berkunjung ke pulau ini biasanya perahu akan mendarat di semenanjung pasir putih.  Salah satu aktifitas yang digemari oleh parapengunjung yaitu mengitari pulau dan menaiki bebatuan granit yang terdapat disana.



17. Pulau Lebong

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
Pulau Lembong merupakan Pulau Terindah yang dijadikan sebagai Tempat Wisata di Belitung. Pulau ini memiliki luas 37 hektar yang memiliki keindahan sangat menakjubkan. Pulau ini terletak di Desa Lasar, Membalong, Pegantungan, Badau, Kabupaten Belitung.

Keindahan pantai ini sungguh sangat menakjubkan. Dikelilingi oleh pantai pasir putih yang indah. Pulau ini juga merupakan sebuah hutan hujan dengan pohon yang banyak. Sebagai Pulau yang memiliki keindahan luar biasa di tempat ini telah dibangun beberapa bangunan sebagai tujuan wisata dengan perpaduan arsitektur tradisional dan modern. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau ini bisa mencoba beberapa aktifitas seperti relaksasi, berenang, snorkel, menyelam, penemuan alam dan island hopping. Pualu Lembong ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata saat anda berlibur.

18. Bukit Pangkuan
http://jendelakecildunia.blogspot.co.id

Bukit Pangkuan adalah salah satu tempat wisata alam di belitung yang kini sedang naik daun. Bukit Pangkuan ini terletak di Kecamatan Kelapakampit, Belitung Timur.

Bukit Pangkuan merupakan sebuah kawasan Agrowisata yang dilengkapi banyak fasilitas. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang, kolam pemancinga, wahana permainan air, cottages, toilet, paint ball, camping ground dan wahana permainan untuk anak-anak. Setiap weekend tempat ini akan ramai dikunjungi para pengunjung.


19. Museum Kata
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
kitesia.id

Museum Kata merupakan tempat wisata di belitung berikutnya. Museum Kata diprakasai oleh Penulis Novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Museum ini terletak di Jln. Raya Laskar Pelangi, No. 7 Gantong, Belitung Timur.

Jika anda seorang pencita film Laskar pelangi maka ketika datang ke museum ini, pengunjung akan diajak menapaktilasi perjalanan Laskar Pelangi. Di dalam ruangan museum banyak sekali kalimat-kalimat inspiratif serta di pajang foto-foto adegan laskar pelangi. Bekunjung ke tempat ini membuat anda bernostalgia tentang kehidupan masa-masa perjuangan Arai dan Lintang berjuang untuk mewujudkan mimpinya.



20. Tirta Marundang

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi

Tirta Marundang merupaka tempat wisata di belitug yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara. Tempat ini merupakan kolam pemandian yang bersumber dari aliran sungai marundang. Kolam ini memiliki air yang dingin dan jernih yang terdiri dari 2 bagian dengan kedalaman berbeda-beda. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini maka bisa datang du Desa Air Seruk, Kecamatan Sijuk. Sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Tanjungpandan.
 
21. Air Terjun Gurok Beraye
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://www.bintang.com
Tempat wisata di belitung berikutnya yaitu Air Terjun Gurok Beraye. Air terjun ini berada di Wilayah Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau sekitar 32 km dari Kota Tanjung Pandan.

Akhir-akhir ini tempat wisata Air Terjun Gurok Beraye menjadi perpincangan di Media Sosial. Bagaimana tidak, dari kejauhan pengunjung dapat melihat ikan yang berenang-renang di dalam air hal ini bisa terlihat sangking beningnya air terjun tersebut. Bahkan kolam air terjun ini dinilai cocok sebagai Spot Selfie Underwater.

22. Air Terjun Kapala Kawai
Tempat wisata di Belitung selanjutnya yaitu Air Terjun Kapala Kawaai. Air Terjun ini terletak di Desa Simpang RUsa, Kecamatan Membalong, Belitung. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.  


Air terjun ini berada di balik bukit yang memiliki ketinggian sekitar 200 MDL di dalam kawasan hutan lindung yang memiliki luasan sekitar 10 Hektar. Jika anda pecinta alam dan berjiwa petualangan maka anda wajib mencoba mendatangi air terjun ini. Menurut penuturan para penjelajah menyatakan bahwa salah satu keunikan dari air terjun ini adalah tekstur dari air terjun Insum Kepala Kawai sangat jarang ditemukan di wilayah kawasan wisata alam lainnya.



23. Air Terjun Marsilla

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
pegipegi.com

Selain menikmati keindahan alam berupa pantai, ternyata belitung juga memiliki satu air terjun yang sangat Indah. Air Terjun Marsila namanya. Air Terjun ini terletak di Kampung Bentaian, Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Belitung Timur.

Suasana air Terjun Marsila begitu indah. Aliran airnya mengalir melewati bebatuan dinding yang terjun sehingga menghasilkan pemandangan yang mempesona. Air terjun ini juga memiliki air yang sejuk di tambah panorama alam sekitar danau yang masih alami. Sehingga tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata apabila kamu berkunjung ke belitung.


24. Gunung Bulong
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
triptrus.com
Bagi anda pecinta alam maka berkunjung ke Gunung Bulong merupakan jawabannya. Gunung ini merupakan gunung tertinggi yang dimili oleh bangka belitung. Terletak di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menjadi tempat ini sebagai tempat wisata Alam bagi para pecinta alam di Belitung.

Gunung ini dihiasi bebatuan yang terjal. Dari atas gunung para pendaki dapat pula menikmati pemandangan indah yang tersusun dari hamparan hutan yang luas dan susunan batu yang menyerupai singasana. Selain itu pengunjung dapat menikmati udara segar dan menikmati keindahan flora dan fauna yang tersaji di gunung ini.

25. Pantai Sengaran
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
https://jjalijordo.files.wordpress.com

Pantai ini terletak di Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur. Keberadaan pantai ini berada di pesisir pulau belitung yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Keindahan yang dimiliki oleh pantai ini antara lain perpaduan dari hutan bakau dan pasir putih yang membuat suasana di pantai ini sangat alami. 



26. Pantai Punai

32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://www.pelesirbelitung.com
Tempat wisata di belitung selanjutnya adalah Pantai Punah. Pantai ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Disebut Pantai Punai karna konon dulunya ditempat dihuni oleh satwa burung punai.


Keindahan Pantai Punai ini terlihat dari warna pasir yang putih bersih dihiasi oleh bebatuan granit kecil.Gradasi warna air laut yang biru seakan menawarkan kenyamanan bagi para wisatawan yang mengunjunginya


Untuk ketersediaan fasilitas di Pantai Punai Sudah cukup lengkap yang telah dikembangkan oleh pemerintah setempat seperti warung sea food, cottage, kamar bilas dan fasilitas lainnya. Oh ya.. di hari biasa pantai ini relatif sepi. jadi jika kamu ingin mencari ketenangan bisa datang ke tempat ini.

27. Pantai Tanjung Batu Pulas
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://beautifulbelitung.com
Tempat wisata di Belitung berikutnya yaitu Pantai Tanjung Batu Pulas. Pantai ini terletak di Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Salah satu keindahan pantai ini berupa hampara batu-batu granit besar yang membentang di sekitar bibir pantai.

28. Pulau Buku Limau
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
https://framanto.files.wordpress.com
Pulau Limau merupakan pulau indah yang dikelilingi dengan ekosistem terumbu karang yang kedalamannya beragam dari 200-400 meter. Pulau ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati wisata air seperti snorkling, menyelam, memancing dan berjemur. Pantai ini berpasir putih dengan terumbu karang yang indah. Panorma alam yang tersajikan di Pulau ini sangat mempesona. 

Jika anda berencana liburan ke Pantai Limau maka anda bisa datang ke Desa Buku Limau, Kecamatan Manggar, Belitung. Keindahan pantai ini menjadikan Pantai Limau menjadi salah satu tempat wisata di Belitung.

29. Open Pit
http://www.belitungtravelcenter.co.id/
Jika anda seorang pecinta potografi maka Open Pit adalah tempat yang perlu anda kunjungi. Disini beberapa spot indah dapat menghasilkan foto-foto indah. 

Jika anda berencana ke tempat ini maka bisa dicapai satu jam perjalanan dari Tanjungpandan ke arah Timur, tepatnya di daera Kampit, Belitung Timur.

30. Bendungan Pice
http://www.belitunginparadise.com
Tempat wisata di Belitung berikutnya yaitu Bendungan Pice. bendungan ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1934-1936. Bendungan ini memiliki panjang sekitar 50 meter yang berfungsi sebagai jalannya pintu-pintu air bagi sungai Lenggang.

Meskipun kini bbendungan Pice telah rusak dan di museumkan di sekitaran bendungan. Namun secara fisik Bendungan Pice terlihat baik.  Setidaknya banyak pengunjung yang datang ke tempat ini bisa mengetahui kembali lagi sejarah atau hanya untuk sekedar menikmati semilir angin di tempat ini.


31. Bandoeng River

Bandoeng River merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi pada saat berkunjung ke Belitung. Disini anda bisa menikmati objek wisata air yang menyediakan fasilitas bermain seperti jetsky, banana boat, sepeda air dan sky air. Selain itu di sini juga terdapat Kantin Terapung yang menyediakan makanan khas Belitung.

Bandoeng River ini terletak di Kecamatan Manggar, Kabupaten Balitung Timur, Bangka Belitung. Untuk sampai ke tempat ini anda bisa berjalan kaki dari Kota Manggar sembari menikmati keindahan kota.

Bendungan Pice terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. 

32. Danau Mempayak
32 Tempat Wisata di Belitung yang Paling Menarik DIkunjungi
http://jelajahbelitung.com
Danau Mempayak tempat wisata di Belitung yang merupakan danau yang terbentuk akibat lubang bekas tambang timah yang telah lama ditinggalkan penambangnya.  Luasnya area galian penambang menjadikan wilayah ini terbentuk seperti danau.


Salah satu hal yang menarik apabila berkunjung ke Danau Mempayak adalah Keindahan panorama Bukit Burung Mandi yang terlihat begitu mempesona. Di sela-sela danau nampak pula gerombolan rumput yang muncul di beberapa bagian danau, yang menandakan kedangkalan area sekitar tempat itu. Tempat ini juga menyediakan Gazebo yang bisa digunakan para pengunjung untuk bersantai.



Danau Mempayak ini bisa menjadi pilihan tempat wisata anda apabila sedang berkunjung ke bangka Belitung. Danau ini terletak di Desa Mempayan, Kecamatan Damar, Belitung Timur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama