Tempat Wisata Sumatera Barat Alami

Penasaran untuk mulai berwisata? Dibawah ini ada 10 Tempat wisata di Sumatera Barat yang terbentuk dari alam maupun buatan tangan manusia.

1. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan - Wisata Sumatera Sarat
Pulau Pasumpahan – Wisata Sumatera Sarat
Bila mendengar nama Sumatera Barat, tentu yang teringat adalah kota Padang, yang menjadi surga kuliner tersendiri di Indonesia. Namun mungkin setelah ini, bila mendengar nama Sumatera Barat, yang justru perlu diingat adalah Pulau Pasumpahan.
Pulau Pasumpahan - Wisata Sumatera Barat
Pulau Pasumpahan – Wisata Sumatera Barat
Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan Maritim memberi keunggulan tersendiri. Salah satunya di sektor pariwisata dengan banyaknya pulau-pulau indah di tanah air. Salah satunya adalah pulau yang masuk menjadi bagian Sumatera Barat, Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan menawarkan keindahan alam yang memukau khas kepulauan Indonesia. Mulai dari pasir putih yang begitu menawan, samudera terbuka dengan lautan yang begitu jernih dan biru. Selain itu Pulau Pasumpahan pun banyak dikunjungi dalam beberapa tahun terakhir berkat keindahan bawah laut mereka yang menjadi spot indah untuk menyelam.

2. Pemandian Tirta Alami

Pemandian Tirta Alami - Wisata Sumatera Barat
Pemandian Tirta Alami – Wisata Sumatera Barat
Pemandian Tirta Alami menjadi objek wisata terkenal berikutnya di Sumatera Barat. Disini, pengunjung bisa meredakan lelah dengan berendam di kolam pemandian yang tepat berada di tengah pegunungan, dan dikelilingi dengan banyaknya pepohonan yang rindang dan indah. Pemandangan yang begite memukau ini pun seiring dengan segarnya air pemandian di Tirta Alami.
Pemandian Tirta Alami - Wisata Sumatera Barat
Pemandian Tirta Alami – Wisata Sumatera Barat
Pemandian Tirta Alami diklaim terjadi secara alami. Begitupun air yang memenuhi kolam pemandian dan mengalir ke dalam kolam pun diklaim berasal di dalam bumi yang langsung mengalir segar ke dalam kolam. Selain itu, kolam pemandian Tirta Alami pun tentunya tak mengandung bahan kimia apapun.

3. Lembah Anai

Lembah Anai - Wisata Sumatera Barat
Lembah Anai – Wisata Sumatera Barat
Lembah Anai menjadi objek wisata terkenal berikutnya dari Sumatera Barat, dan sekaligus menjadi ikon daerah tersebut. Aliran air terjun yang begitu memukau di Lembah Anai disinyalir berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Dan hasilnya? Air terjun yang tepat berada di tengah lembah pegunungan yang begitu indah dan cantik.
Lembah Anai - Wisata Sumatera Barat
Lembah Anai – Wisata Sumatera Barat
Selain jadi tempat wisata, Lembah Anai pun menjadi lokasi cantik untuk berfoto, terlebih dengan sungai besar berbatu dan lintasan kereta api peninggalan jaman Belanda yang ada di sekitar daerah tersebut.

4. Lembah Harau

Lembah Harau - Wisata Sumatera Barat
Lembah Harau – Wisata Sumatera Barat
Lembah Harau menjadi lokasi wisata menawan berikutnya di Sumatera Barat. Disini pengunjung akan menemui sebuah lembah tinggi dan curam dengan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan Lembah Anai. Lembah di Lembah Harau ini sering kali digunakan sebagai lokasi panjat tebing juga loh.
Lembah Harau - Wisata Sumatera Barat
Lembah Harau – Wisata Sumatera Barat
Setelah memanjat tebing Lembah Harau, pengunjung akan dihadapkan dengan sederet air terjun yang begitu cantik. Ya, tak hanya satu namun ada beberapa air terjun cantik yang siap memukau dan memanjakan mata pengunjung. Tak itu saja, pengunjung pun bisa bermain air di lintasan sungai air terjun Lembah Harau.

5. Puncak Lawang

Puncak Lawang - Wisata Sumatera Barat
Puncak Lawang – Wisata Sumatera Barat
Sekitar 20 kilo meter dari kota Bukit Tinggi, wisatawan akan bisa menemui sebuah pegunungan tinggi. Salah satu puncak tertinggi dari pegunungan ini menjadi objek wisata yang namanya sudah mendunia : Puncak Lawang. Puncak Lawang menawarkan pemandangan kota Bukit Tinggi dari ketinggian. Dimana pengunjung bisa menyaksikan hutan yang mengelilingi Bukit Tinggi. Selain itu dari Puncak Lawang pengunjung bisa menyaksikan cantiknya danau Maninjau dari ketinggian.

6. Istana Pagaruyuang

Istana Pagaruyuang - Wisata Sumatera Barat
Istana Pagaruyuang – Wisata Sumatera Barat
Istana Pagaruyuang merupakan salah satu objek wisata unggulan dan yang paling banyak dikunjungi di Sumatera Barat. Istana Pagaruyuang ini merupakan peninggalan utama dari Kerajaan Sumatera Barat, dan memiliki sederet peninggalan lain di dalamnya. Selain sebagai salah satu perjalanan napak tilas sejarah, Istana Pagaruyuang pun menjadi objek wisata yang menarik.

7. Jam Gadang

Jam Gadang - Wisata Sumatera Barat
Jam Gadang – Wisata Sumatera Barat
Rasanya tak akan lengkap untuk pergi ke Sumatera Barat tanpa mengunjungi lokasi ikonik satu ini. Jam Gadang merupakan tempat wisata yang selalu dikunjungi setiap ada wisatawan yang berkunjung. Jam Gadang merupakan lokasi ikonik yang menjadi lambang Kota Padang. Letaknya sendiri ada di Bukit Tinggi, tepatnya lagi berada tepat di tengah-tengah Alun-alun Kota Bukit Tinggi. Ada beberapa pilihan wisata di sekitar Jam Gadang. Mulai dari di sekitar Alun-alun, hingga bagaimana pengunjung bisa naik ke tingkat atas Jam Gadang ini.

8. Air Nyarai

Air Nyarai - Wisata Sumatera Barat
Air Nyarai – Wisata Sumatera Barat
Sumatera Barat yang memiliki banyak hutan membuat banyak tercipta pula pemandian alami. Salah satunya adalah Air Nyarai. Air Nyarai tersembunyi tepat di jantung hutan Gamaran, dan untuk menujunya, pengunjung harus berjalan kaki ke dalam hutan. Disini tak hanya akan ada Air Nyarai saja, namun di sepanjang perjalanan tersebut akan ada beberapa lubuak (kolam alami), seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

9. Pantai Pemutusan

Pantai Pamutusan - Wisata Sumatera Barat
Pantai Pamutusan – Wisata Sumatera Barat
Pantai Pemutusan membentang sepanjang sisi Sumatera Barat. Pantai ini menjadi salah satu jalan menuju beberapa pulau kecil di pesisir Sumatera Barat. Dan percaya atau tidak, Pantai Pemutusan ini lah yang kerap kali dijadikan objek foto bila mempromosikan Sumatera Barat, berkat keindahannya. Sepanjang pesisir pantai yang membentang, terdapat pantai dengan pasir putih yang elok. Namun tunggu dulu, objek wisata sebenarnya justru apa yang tersaji setelah pantai berpasir putih yang begitu cantik.

Di lautan yang membentang di Pantai Pemutusan terdapat keindahan bawah laut yang memukau. Bentangan terumbu karang yang besar siap memanjakan para penyelam yang datang ke Pantai Pemutusan. Selain itu, dengan menggunakan perahu, pengunjung pun bisa berwisata ke pulau di sekitar Pantai Pemutusan yang juga memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah indahnya. Keindahan laut yang biru kehijauan pun membuat Pantai Pemutusan memiliki banyak resort maupun hotel untuk pengunjung beristirahat. Pesatnya kemajuan pariwisata di Pantai Pemutusan membuat lokasi ini begitu dikenal luas hingga ke kelas wisata dunia.

10. Pantai Pagang

Pantai Pagang - Wisata Sumatera Barat
Pantai Pagang – Wisata Sumatera Barat
Bila Pantai Pamutusan lebih banyak digunakan untuk berwisata dan bersenang-senang, maka Pantai Pagang justru dikenal dengan ketenangan dan kedamaiannya. Tak itu saja, di Pantai Pagang ini, pengunjung jauh lebih banyak beristirahat dan menghindar dari hiruk pikuk perkotaan. Walaupun sebenarnya pantai ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai lain di Padang maupun di Sumatera Barat.
Pantai Pagang - Wisata Sumatera Barat
Pantai Pagang – Wisata Sumatera Barat
Resort-resort sederhana di bangun di Pantai Pagang demi mendukung pengunjung yang tengah beristirahat.

Sekian ulasan tentang Tempat Wisata di Sumatera Barat untuk kali ini, selamat berwisata dan selalu berbahagia..!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama