Breaking News

Wisata Snorkling Air Tawar Klaten Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu wisata air yang namanya kini sangat fenomenal. Keindahannya mampu menarik minat pengunjung lokal maupun mancanegara. Terdiri dari 2 suku kata yaitu Umbul yang berarti Mata Air, dan Ponggok yang berarti Nama Desa. Sehingga Umbul Ponggok artinya Mata Air yang Terdapat di Desa Ponggok yang berada di Klaten, Jawa Tengah.
Harga Terbaru Tiket Masuk Umbul Ponggok
Koleksi Foto Pribadi Tampak Depan

Beberapa minggu yang lalu saya berkunjung ke Kota Solo. Sudah setahun kebelakang saya mendengar nama tempat wisata Umbul Ponggok. Selain pengelolanya aktif di akun media sosial dengan mengunggah keindahan wisata airnya, tempat ini juga banyak di tulis oleh media-media online dan disirakan di televisi.

Selain itu saya juga mendapat banyak cerita dari Bapak yang dulunya sebelum pindah ke solo beliau lahir dan tumbuh di klaten. Jika anda pernah berkunjung ke klaten maka anda akan tahu bahwa mayoritas mata pencarian masyarakat disini yaitu bertani. Sehingga tak heran disini banyak sekali mata air yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu atau yang biasa disebut oleh warga sekitar dengan sebutan"umbul". Dari cerita Umbul Ponggok  ini juga sudah lama keberadaanya namun belum dikelola secara baik oleh desa setempat. Keberadaan umbul ini hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan air dan pengairan sawah bagi masyarakat. Hingga beberapa tahun terakhir akhirnya tempat ini dikelola secara profesional dan dibuka sebagai wisata air bagi masyarakat. Hingga sampai terkenal saat ini dengan sebutan "Umbul Ponggok"


Lokasi Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten Jawa tengah. Untuk menuju lokasi umbul ini, kita bisa dari Jogja menuju ke Klaten, Setelah melewati kota Klaten, di kanan jalan ada terminal Penggung. Terminal Penggung terdapat pada simpangan Traffic light menuju desa Ponggok, Wisatawan ambil jalan arah kekiri lalu lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil disebelah kiri jalan. Dari pertigaan tersebut kita belok kanan, dan kembali mengikuti jalan dan sekitar 2 kilometer, kita akan menemukan Umbul Ponggok yang terdapat dipinggir jalan. Jika ada dari solo maka anda bisa melalui jalan lintas Solo-Jogja hingga melewati Kandang Menjangan Kopassus. Jika anda dari solo maka lokasi masuk arah ke lokasi sebelah kanan jalan.

Keindahan Umbul Ponggok 

Koleksi Foto Pribadi, Tampak dari Samping

Selama saya berada di solo sudah 2 kali berkunjung ke Umbul Ponggok. Jujur pertama kali kesini saya sudah jatuh cinta, sehingga sebelum pulang ke kota asal saya harus kesini untuk kedua kalinya agar tidak "kepunan". hehe.

Sebenarnya tempat ini berkonsep seperti kolam berenang. Namun Kolam renang alami yang sumber airnya berasal dari mata air yang terus menerus memancarkan air. Air yang jernih, segar dan sangat dingin menjadikan tempat ini semakin greget menurut saya.

Jika dilihat dari atas maka mata pengunjung akan dimanjakan beragam jenis ikan berwarna warni yang hilir mudik ditengah kerumunan pengunjung yang sedang berenang. Ukuran ikan yang besar-besar juga dapat kita temui pada saat menyelam sehingga menambah kesan tersendri pada saat berkunjung kesini.

Ukuran Umbul ponggok ini lumayan besar. Dengan kedalaman rata-rata 1,5 meter- 2.5 meter. Namun jangan khawatir jika anda membawa anak kecil maka disini telah disedikan kolam renang sendiri dan juga terdapat penyewaan pelampung dan peralatan renang ditempat ini.

Umbul Ponggok Sebagai Wisata Snorkling Air Tawar

Harga Terbaru Tiket Masuk Umbul Ponggok, Wisata Snorkling Air Tawar Klaten
 Koleksi Foto Instagram Umbul ponggok
Snorkling merupakan kegiatan menyelam yang identik dengan laut. Namun jika anda berkunjung kesini maka anda bisa menikmati Snorkling dengan cita rasa Air Tawar. Keindahan dalam air Umbul ponggok pun tak kalah indahnya. Pada saat anda menyelam maka mata akan dimanjakan oleh berbagai jenis ikan yang ukurannya bervariasi. Selain itu di dalam umbul ponggok juga tersedia berbagai macam properti yang bisa digunakan untuk berfoto, seperti Sepeda, Motor, Kursi taman, dan Pot yang berisi bunga.

Selain itu bagi yang tidak bisa berenang maka disediakan alat snorkling yang bisa disewa ditempat ini. Sehingga dengan kelengkapan alat menyelam, seolah-olah anda sedang berada di dalam laut. hehe.. asyikk banget.

Fasilitas Lainnya


Tempat Duduk dan Ruang Ganti

Untuk fasilitas lainnya umbul ponggok menyediakan benyak kursi yang bisa di duduki bagi para pengunjung yang diletaknya di sekitaran bibir kolam. Selain itu disini juga disediakan ruang ganti yang bisa digunakan untuk mandi dan buang air. Eitss... Tapi masing-masing tempat tersebut dikekola oleh masyarakat sekitar sehingga anda wajib membayar pada saat menggunakannya.

Mushola 

Disini juga terdapat Mushola yang bisa digunakan untuk Sholat, memang letaknya tidak satu kawasan dengan kolam. Namun anda perlu kebelakang atau sekedar menanyakan kepada warga yang berada disana dengan jarak sekitar kurang lebih 20 meter anda dapat menemukan mushala disana.

Tempat Makan
 
Untuk Tempat makan disekeliling Kolam telah disediakan. Anda bisa memilih berbagai macam menu yang ditawarkan. Dari Nasi, Mie, Minuman Panas, Apalagi Gorengan Panas sangat banyak dijual disini. Favorit saya yaitu gorengan panas tempe mendoan selain harganya pas rasanya enak.

Paket Prawedding
 
Selain itu lokasi Umbul Ponggok juga bisa digunakan untuk Lokasi Praweding. Jangan Khawtir disini sudah disediakan tim yang mengurus masalah ini. Sehingga untuk harga dan hari anda bisa langsung kesini untuk kesepakatannya.

Sewa Kamera

Jika anda tak memiliki kamera yang bisa digunakan di dalam air jangan khawatir disini juga disediakan penyewaan kamera dalam air. Sehingga anda tak perlu takut tidak bisa mengabadikan moment seru anda pada saat berkunjung kesini.

Harga Terbaru Tiket Masuk Umbul Ponggok

Pada saat saya berkunjung tike masuk umbul ponggok masih Rp.10.000 Namun Start September ada perubahan harga yang berubah, selengkapnya dapat disimak biaya-biaya laiinya dibawah ini.


Tips Memotret Di Umbul Ponggok

Harga Terbaru Tiket Masuk Umbul Ponggok, Wisata Snorkling Air Tawar Klaten
Koleksi Pribadi Hasil Foto pada Saat Weekend Air Tampak agak keruh
Jika anda berencana untuk kesini sekedar mengabadikan moment bahagia anda maka disarankan untuk datang pada hari senin-jumat pada pukul 07.00 - 09.00 Wib atau pada pukul 14.00- 16.00. Hasil foto pada jam-jam tersebut sangat baik karna memperoleh hasil foto yang bagus dikarenakan air umbul yang jernih dan juga kondisi matahari masih dari samping buka di atas kepala. Selain itu jika anda datang pada saat weekend maka usahakan pada pagi hari. Jika tidak bisa dipastikan anda akan kesulitan mendapatkan spot foto yang bagus dikarenakan banyak sekali jumlah pengunjung yang berada di dalam kolam.
Harga Terbaru Tiket Masuk Umbul Ponggok, Wisata Snorkling Air Tawar Klaten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050