Breaking News

6 Tempat Wisata di Nabire Papua Yang Menarik Dikunjungi

Nabire adalah salah satu Kabupaten di Papua yang merupakan wilayah paling Timur. Ibukotanya yaitu Kota Nabire.


Nabire merupakan Kabupaten yang memiliki potensi yang luar biasa. Memiliki kekayaan berupa Wisata Bahari, Wisata Alam, Wisata Pantai bahkan Wisata Budaya. Sehingga bisa dikatakan untuk jangka waktu panjang ke depan Nabire bisa menjadi Kabupaten dengan tujuan wisata.

 
Meskipun Kabupaten Nabire belum secara resmi ditetapkan sebagai daerah wisata. Namun perlahan-lahan pembangun pariwisata di Nabire sudah membuahkan hasil. Beberapa lokasi wisata telah di ambil alih oleh pemerintah setempat untuk dikembangkan. Nah buat kamu yang berencana berlibur ke Kota Nabire, Jalanncerita.com akan memparkan 6 Tempat Wisata di Nabire Papua Yang Menarik Dikunjungi. Selengkapnya berikut ini;


 1. Pantai Gedo

http://abaidipophoto.blogspot.co.id
Tempat Wisata Menarik di Nabire yang pertama yaitu Pantai Gedo. Pantai ini terletak di Desa Sanoba, Wahario. Letaknya sekitar 10 meter sebelah timur Kota Nabire. Untuk sampai ke Pantai Gedo hanya dibutuhkan waktu 20 menit dari Kota Nabire.

Keindahan dari Pantai Gedo terlihat dari birunya air laut dan warna pasir yang bergitu putih bersih. Di sekitaran pantai ini juga di bangun beberapa area bermain anak-anak seperti Taman bermain, Pemandian, serta wahan-wahan penunjang lainnya. Tampak juga beberapa tokoh melengkapi fasilitas di Pantai ini. Aktifitas yang banyak dilakukan di pantai ini adalah berenang dan berjemur.

Pantai ini dulunya telah dikelola oleh masyarakat setempat. Namun dari potensi wisata yang luar biasa akhirnya Pantai ini diambi alih oleh Dinas Pariwisata untuk dikelola dengan baik. Meskipun pembangunan Pantai Gedo masih terus berlangsung setiap harinya pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nah.. Jika kamu sedang bepergian ke Kawasan Nabire maka tak ada salahnya mampir ke Pantai Gedo.

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih atau lebih dikenal dengan nama Teluk Cendrawasih merupakan tempat wisata bahari di Nabire yang sangat mengagumkan. Tempat ini bahakan termasuk taman nasional laut terbesar di Indonesia dan merupakan tempat menyelam terbaik di Nusantara.

Taman nasional ini memiliki area seluar 1.453.500 hektar. Terdiri dari Hutan Manggrove, Hutan tropika, Sera terumbu karang. Taman nasional ini memiliki 150 type spesies yang berasal dari 15 famili dan 290 type ikan yang tersebar di sepanjang tepian pulau dan lautan yang berada dalam satu kawasan Taman Nasional.


Daya tarik yang dimiliki Teluk Cendrawasih ini adalah Keindahan Wisata Baharinya yang begitu indah. Disini terdapat tetesan vertikal yang megah, taman karang yang indah, serta kehidupan spons dan berjuta ikan. Bahkan disini merupakan tempat bermain salah satu hewan laut terbesar di duni yaitu Hius Paus (Whaleshark) berbintik. Selain Whaleshark di tempat ini juga ditemukan Penyu sisik, penyu hijau umu, penyu ridle pasifik, dan Penyu Belimbing. Selain itu terdapat pulau kepiting kelapa, lumba-lumba, dan Hiu.



Jika kamu tertarik mengunjungi Teluk Cendrawasih maka sebaiknya datang pada waktu terbaik yaitu antara Mei dan Oktober. Untuk lokasi tempatya anda bisa melalui Nabire kemudian mengambil longboat ke Taman Pualu Rumberpon yang memakan waktu 5,5 jam. Tau melalu whalesharks untuk mengambil perahu menuju desa Kwatisore dari Nabire. Perjalan memakan waktu sekitar 3 jam.



3. Pantai Monalisa

papuansphoto.files.wordpress.com
Pantai indah yang menjadi tempat wisata menarik di Nabire selanjutnya yait Pantai Monalisa. Pantai ini terletak di Barotei Kampung Air, Mandidi Samabusa. Nama pantai ini diambil dari nama pemilik resort yang keberadaannya kini menarik perhatian masyarakat Nabire. 

Keindahan yang disajikan dari Pantai ini terlihat dari berdirinya satu jembatan dimana setiap sisinya terdapat bilik peristirahatan. Disisi lain tampak air laut yang begitu biru dan tampak dangkal sehingga pengunjung dapat berenang dengan aman. Oh ya.. satu kegiatan yang menjadi favorit banyak wisatawan disini yaitu menikmati senja dan menyaksikan keindahan sunset dari bilik peristirahatan. Suasana romantis pun menyatu dengan keindahan alam yang mempesona.

4. Pantai Nusi

Pantai indah berikutnya yang menjadi tempat wisata menarik di Nabire adalah Pantai Nusi. Pantai ini berada di Ujung Timur Nabire, tepatnya di Distrik Makimi, Nabire. Sekitar 30 Km dari pusat kota Nabire. 


Meskipun Pantai Nusi memiliki pasir berwarna hitam, namun pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Nusi yaitu keindahan wisata bawah laut yang begitu kaya. Semua keindahan tersebut bisa dinikmati dengan kegiatan Snorkling, pengunjung bisa menikmati keindahan terumbu karang, beragam jenis ikan, rumput laut, serta biota laut lainnya. Kamu gak usah khawatir disini tersedia fasilitas penyewaan buat peralatan snorklingnya.



5. Pantai MAF


Tempat wisata di Nabire berikutnya yaitu Pantai MAF. Pantai ini terletak 400 meter dari kota Nabire. Nama MAF diambil dari Bandara MAF (Mission Aviation Fellowsip) karna letaknya sangat deat dengan Bandara Nabire.


Daya tarik dari pantai ini adalah lokasi yang terletak di pinggir jalan yang menghubungan pusat kota dan bandara. Sehingga pengunjung sangat senang mampir ke pantai ini. Pantai MAF sering juga dijadikan lokasi piknik bagi wisata keluarga. Meskipun pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam, namun setiap harinya pantai MAF selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.



6. Pantai Burate

Tempat wisata menarik di Nabire selanjutnya adalah Pantai Burate. Keindahan yang disajikan di Pantai ini berupa ombak yang cukup tenang sehingga nyaman digunakan untuk aktifitas berenang oleh wisatawan. Selain itu jika tujuan liburan kamu untuk menyendiri maka Pantai Burate adalah jawabannya. Pantai ini memiliki suasana sepi dan cocok buat kamu yang hanya hanya ingin menyendiri sembari menikmati keindahan laut yang begitu mempesona.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050