29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Aceh Merupakan Provinsi paling Barat Indonesia yang memiliki sejuta pesona. Dikalangan masyarakat Indonesia Provinsi ini dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah. Provinsi Aceh memiliki banyak sekali potensi, baik dari potensi alam, wisata, budaya, sumber daya manusia sampai sumber sejarah. Bahkan pariwisata di Aceh disejajarkan dengan Pariwisata di Kota Bandung, Bogor, Yogyakarta, dan beberapa kota besar lainnya.


Nah.. Sebelum anda berkunjung ke Aceh untuk berlibur, maka Jalanncerita.com akan sedikit berbebagi informasi tentang 29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal dan Wajib Dikunjungi. Selengkapnya di bawah ini;


1. Danau Laut Tawar
29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
http://www.telusurindonesia.com
Danau Laut Air Tawar merupakan sebuah danau yang menjadi kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 Ha dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 km. Danau Laut Air Tawar ini begitu luas sehingga keberadaanya sangat bermanfaat bagi suku Gayo (masyarakat setempat) yang menjadikannya sebagai sumber penghidupan. Selain itu Danau Laut Air Tawar kerap dijadikan sebagai tempat wisata oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Panorama alam yang tersajikan di Danau ini begitu indah. Pemandangan di sekitar Danau laut Tawar diapit oleh 2 buah bukit yang menyajikan keindahan panorma tersendiri. Sedangkan di dalam danau  menyimpan kekayaan flora dan fauna. Salah satunya yaitu keberadaan ikan depik yang merupakan spesies ikan yang hanya ada di dalam Danau ini.


2. Pantai Terong

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
http://www.telusurindonesia.com
Sejak dulu Pantan terong telah menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan baik lokal maupun mencanegara. Terutama bagi pecinta keindahan panorama alam, maka Pantan terong menjadi salah satu tujuannya. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Bebesan, sekitar 7,5 km dari kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. berada di atas ketinggian 1.803 dpl membuat udara disini begitu sejuk.

Pantan Terong ini berupa bukit yang menyuguhkan pemandangan Danau Laut Tawar yang begitu indah. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba olahraga menantang yaitu Olahraga Paralayang dibatu oleh instruktur yang bisa membawa kamu berkeliling di udara menikmati keindahan pesona alam yang sangat mempersona.


3. Pantai Menye

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pantai Menye yang berarti dalam bahasa aceh "menye" tempat bermanja. Sehingga masyarakat menyebut pantai ini adalah tempat bermanja. Berdiri ditempat ini kita akan merasakan seolah berada di pantai sungguhan dengan deburan ombak yang membasuh kaki, lengkungan pantai yang amat luas, hembusan angin yang sejuk, serta lukisan panorama alam dengan puncak gunung yang melingkar. Selintas banyak yang tak menyadari mereka sedang berada di laut atau di danau. Namun apapun itu berkunjung ke Pantai Menye merubah sauasana hati menjadi indah.


Pantai Menye sebenarnya merupakan tempat pacuan kuda tradisional. Kuda-kuda disini dipacu oleh para joki melintas adu cepat di tepian air, bahkan dalam deburan ombak di tepi pantai. Ini yang menjadikan salah satu Pantai Menye menjadi Tempat Wisata di Aceh tengah. Terletak di Seberang kota Takengon, disisi timur danau. Membuat kota ini menjadi jalur lintasan jalan keliling Danau Lut Tawar.  Pantai ini dapat ditempuh dari Kota Takengon dengan jarak 19 km dari arah utara, dan 26 km dari arah selatan. Waktu tempuh menghabiskan 45-60 menit dalam perjalanan.

4. Kota Takengon

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
http://ghozaliq.com

Kota Takengon yang dalam bahasa aceh "takengon" yang berarti kelokan. Untuk mencapai kota ini kita harus melewati banyaknya tikungan selama perjalanan. rute tanjakan perbukitan dan lereng-lereng gunung menjadikan jalan menuju kota ini sangat menguji adrenalin sekaligus memanjakan mata.  Kota ini sangat terkenal sebagai kota di atas awan. Berada di atas ketinggian  1200 dpl membuat kita dapat melihat keseluruhan kota dari sini. Di kota ini pula kita bisa menikmati beragam jenis obyek wisata, kuliner, pemandangan alam, refresing dan bersepeda. Wajar jika akhir pekan kota takengon menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para pengunjung.
5. Air Terjun Mangaya

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
martonisrecord.blogspot.com
Air Terjun Mengaya merupakan salah satu tempat wisata alam di Aceh Tengah yang sangat mempesona. Keberadaan yang masih tersembunyi menjadikan air terjun ini masih terjaga keasriannya. Selama perjalanan menuju air terjun mengaya kita akan mendapat pemandangan perkebunan kopi di di tanah gayo. Selain kebun kopi perjalanan akan semakin asyik saat menyusuri keindahan Danau Laut Tawar yang luas. Jika anda pecinta alam maka sebaiknya Air Terjun Mengaya menjadi salah satu daftar list perjalanan anda. Disini kita dapat menikmati keindahan panorama alam serta kesegaran air terjun yang menyegarkan.

Air Terjun Mengaya terketak di jln. lingkar danau Lut Tawae, tepatnya di Desa mengaya, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun bisa menggunakan segala jenis kendaraan. Rute yang ditempuh berupa jalan setapak beraspal sekitar 1,5 km melewati persawahan.


6. Goa Loyang Koro

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Tempat wisata di Aceh Tengah selanjutnya yaitu Goya Loyong Koro. Gua ini terletak di tepi danau laut tawar kecamatan kebayakan, takengon yang bisa ditempuh dengan jarak 5 km ke arah timur kabupaten takengon. Gua ini terletak di kaki Gunung birahpanyang. Gua ini memiliki kedalaman 110 meter. Untuk mencapainya bisa melalui jalan setapak.
Berkunjung ke Gua ini kita bisa banyak belajar tentang sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan terdahulu. konon dulunya gua ini merupakan jalan tembus menuju isak, melalui gua ini para pengembala ternak kerbau membawa ternak mereka. Di dalam cerita lainnya konon Goa ini dulu merupakan tempat bersembunyi Sultan Aceh dari kejaran tentara belanda dan portugis.


7. Goa Loyang Datu Merah

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Goa Loyang Datu Merah menjadi salah satu tempat potensial sebagai obyek wisata. Disini pengunjung bukan hanya menyaksikan panorama keindahan alamnya, tapi juga legenda yang tersimpan di dalamnya. Legenda yang disahkan turun temurun hingga ceritanya menarik untuk disimak. legenda ini yang kemudian menjadikan tempat ini salah satu potensi yang penting bagi perkembangan sektor pariwisata di kabupaten Aceh Tengah.
8. Air Terjun Blang Kolam
29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata di Aceh Utara yang memiliki pesona alam yang sangat menggoda. Berada di dalam rimbunnya pepohonan dan jauh dari riuhnya kehidupan perkotaan menjadikan keasrian Air Terjun Blang Kolam masih terjaga. Disini pengunjung bisa bermain air, berenang atau hanya bersantai-santai sembari menikmati panorama air terjun yang begitu menawan. Namun tentunya untuk menikmati semua ini anda harus bekerja keras untuk meraihnya. Setidaknya pada saat menuju ketempat ini dari gerbang anda harus menuruni sebanyak 660 anak tangga sebagai rute perjalanan menuju air terjun ini dan sebaliknya jika pulang anda juga harus menaiki dengan jumlah anak tangga yang sama. Namun anda tak perlu kuatir sebab sepanjang perjalan anda akan disuguhkan berbagai macam panorama alam yang membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Air Terjung Blang Kolam terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kota Makmur yang berjarak 21 Km dari kota Lhokseumawe. Untuk transportasi anda bisa menunggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4 namun hanya sampai di depan gerbang air terjunnya. Untuk sampai ke lokasi air terjunnya anda harus berjalan kaki. Untuk biaya masuk anda hanya cukup banyar sebesar 2.500.

9. Pantai Ulee Rubek
29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pantai Ulee Rubek merupakan destinasi tempat wisata yang dimiliki warga Aceh Utara. Pantai ini memiliki keindahan yang menawan. Perpaduan pasir putih nan halus, lingkungan pantai yang bersih . bahkan karna halusnya pasir ini sering dijadikan hiasan yang dimasukkank ke dalam botol. Setidaknya jika berkunjung kesini kamu bisa melakukan hal yang sama dan memunguti cangkang kerang yang menyelimuti pantai disana.

Pantai Ulee Rubek berlokasi di Kecamatan Seunuddin, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 49 Km dari Lhokseumawe. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan transportasi umum dan pribadi yang memakan waktu 1- 1 1/2 jam ditambah anda akan disuguhkan keindahan alam selama di perjalanan menuju Pantai ini.


10. Pemandian Krueng Sawah

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Krueng Suweng merupakan tempat yang bagi masyarakat setempat disebut sebagai tempat pemandian. Krueng yang berarti sungai dari bahasa aceh kini keberadaannya menjadi tempat favorit tempat wisata bersama keluarga. Keindahan yang ditawarkan di tempat ini juga terasa nyaman. Sungai yang di dalamnya terdapat banyak bebatuan timbul dan beberapa sudut sungai airnya cukup dangkal. Wajar saja apabila berada di dalamnya kita akan merasakan kenyaman ditambah dengan jernihnya air dan dinginnya udara sekitar.

Oh ya.. Perlu kamu tahu daerah Krueng Suweng ini juga sangat terkenal dengan Duriannya yang menggoda. Durian disini sangat manis dan nikmat serta kamu bisa langsung memetik buahnya langsung dari kebunnya. Kruweng Suweng terletak di Desa Sawang, Lhokseumawe, Aceh Utara. Jaraknya sekitar 49 km dari pusat kota. Untuk menuju kesana anda bisa menggunakan kendaraan pribadi.


11. Rumah Adat Cut Nyak Meutia

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Cut Mutia adalah salah satu pahlawan wanita yang berasal dari Aceh Utara. Selama 20 tahun pada saat itu beliau merupakan pemimpin yang berjuang melawan penjajahan Belanda dari tahun 1890-1990 M. Dari rumah ini beliau aktif falam memimpin dan mengatur strategi peperangan. Dikarenakan jasanya begitu besar bagi bangsa maka dibuatlah rumah yang dulu ditempati Cut Meutia sebagai museum oleh pemerintah sebagai bentuk penghormatan terhadapnya. Rumah ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Aceh Utara yang bisa anda kunjungi sembari belajar tentang arti nilai sejarah yang telah berlalu.

Jika anda berencana berkunjung ke tempat ini maka bisa datang ke Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Untuk menuju ke lokasi rumah Cut Meutia kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Desa Matangkuli terletak kurang lebih sekitar 33 km dari kota Lhoksumawe.

12. Pantai Sawang
29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Salah satu hal yang menjadikan pantai ini indah yaitu bentuknya seperti mangkok dan memiliki garis pantai yang termasuk panjang untuk ukuran pantai biasanya. Pantai ini memang tak memiliki air yang begitu jernih ditambah lagi pasirnya yang berwarna kecoklatan. Namun hal ini tak mengurangi keindahan panorama Pantai Sawang bahkan pantai ini banyak menarik minat wisatawan baik nasional maupun internasional. Disini para pengunjung juga dapat melihat aktifitas masyarakat setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Setiap harinya hasil tangkapan beragam jenis serta ukuran ikan dapat kita saksikan bahkan dapat kita beli untuk dibawah pulang kerumah.

Jika anda berencana berkunjung ke Pantai Sawang maka anda bisa pergi ke Desa Sawang, Kecamatan Samudra, Aceh Utara. jarak tempuh sekitar 29 km dari Kota Lhokseumawe.  Untuk akses jalan anda bisa menggunakan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.


13. Air Terjun 7 Bidadari

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Air Terjun 7 Bidadari ini merupakan salah satu tempat wisata di Aceh Utara yang begitu indah. Terletak di pedalaman Hutan belantara menjadikan tempat ini masih terjaga keasriannya. Disebut 7 Bidadari dikarenakan keindahan air terjun ini terdapat di 7 tingkat yang sangat memesona setiap mata pengunjung. Jika anda para pecinta petualangan maka disarankan untuk mencoba perjalanan ke tempat ini. Sebab medan yang sulit menjadikan tantangan tersendiri untuk bisa menikmati air Terjun bidadari dari jarak dekat.

14. Pantai Krueng Geukuh
29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Salah satu tempat wisata yang paling mengesankan di Aceh Utara adalah berkunjung ke Pantai Geukuh. Hamparan pasir dan laut yang masih sangat bersih membuat mata akan segar dan terus melihatnya. Bisa dikakan Pantai Geukuh merupakan pantai yang paling besih dengan panorama alam yang indah. Disini kesadaran masyrakat setempat sangat tinggi, bahkan untuk melautpun para nelayan menggunakan perahu tradisonal dengan tujuan agar tak mencemari lingkungan pantai. Satu lagi hal yang menjadi tujuan apabila ke Pantai ini yaitu Mie Acehnya yang sangat nikmat.
Jika kamu berencana mengunjungi Pantai Geukuh maka bisa datang ke Kecamatan Dewantara, Lhokseumawe, Aceh Utara.


15. Pantai Meuraksa

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pantai Meuraksa terletak diujung Kecamatan Blang Mangat, Kota lhokseumawe. Sama halnya seperti Pantai Geukuh tempat ini juga dikatakan masih jarang terjamah oleh warga. Namun tak bisa disangkal keindahan pantai ini begitu terlihat dengan kebersiannya dan juga kerindangan berbagai jenis pohon yang tumbuh di sekitar pantai. Bibir pantai yang indah dipenuhi oleh pohon Waru, pasir putih bersih, dan dikelilingi batang ketapang yang melambaikan daunnya di kala hembusan angin menerpa. Sungguh indah!, disisi lain tampak hamparan pasir putih dengan gundukan-gundukan kceil yang tak terasa melahirkan keeksotisan dari pantai ini.


16. Pantai Lancok

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal

Pantai Lancok merupakan pantai yang memiliki ciri khas banyaknya pondok-pondok yang berdiri secara tegap dan berjejer di sepanjang garis pantai. Bisa dikatakan bahwa Pantai Lancok merupakan salah satu pantai yang memiliki keeksotisan tersendri. Ketenangan lingkungan disandingkan dengan putihnya pasir pantai membuat para pengunjung betah berada disini. Bukan hanya itu Pantai Loncak ini ternyata juga terkenal dengan penghasil kerang darah. Bahkan para pemburu kerang darah tak segan untuk turun langsung dengan jarak 200-300 meter dari bibir pantai hanya untuk mencari buruan mereka. Satu hal lagi di Pantai ini sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Sehingga setiap pengunjung dapat memesan dan menikmatinya diatas pendopo yang langsung menghadap ke laut.


Jika anda berencana untuk berkunjung ke Pantai Loncak maka anda bisa datang ke Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.



17. Waduk Jeulikat

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Waduk Jeulikat merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru di Aceh Utara. Waduk ini baru diresmikan tahun lalu sebagai objek wisata. Disini banyak terdapat spot-spot foto yang bagus. Sehingga pengunjung bisa mengabadikan moment dengan hasil yang baik. Selain mengitari keindahan waduk yang terbentuk secara alami ini pengunjung juga diizinkan untuk menyebarangi waduk dengan dipandu oleh seorang petugas setempat menggunakan perahu. Area ini juga menyediakan pondok-pondok yang siap menampung anda apabila anda sedang kelelahan.Waduk jeulikat terletak di Desa Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh Utara. Lokasi Waduk hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Lhokseumawe.


18. Waduk Pusong

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Waduk Pusong merupakan waduk terbesar yang menjadi kebanggaan masyarakat Lhokseumawe. Di awal tujuan pembangunan waduk ini berfungsi sebagai pengendali banjir. Namun seiring berkembangnya zaman waduk ini seketika dijadikan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi baik warga setempat maupun wisatawan. Waduk ini memilik luas 60 Hektar. Di salah satu sisi waduk menjorok ke lautan sehingga kita bisa melihat hamparan laut yang luas ditambah panorama yang indah. Dalam area waduk ditumbuhi pula pepohonan yang membentuk seperti pulau. Disarankan jika ingin melihat keindahannya dengan maksimal maka sebaiknya datang pada malam hari. Pancaran serta perpaduan warna lampu menambah keelokan yang sempurna setiap mata melihatnya.
Jika anda akan berkunjung ke Waduk ini maka bisa datang ke Jln. Reklamasi, Banda Sakti, Aceh Utara.


19. Buket Guha Jepang

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal

Wisata Buket Guha Jepang merupakan sebuah situs peninggalan sejarah yang berada di atas bukit di daerah Balng Panyang. Gua ini dibuat pada masa penjajahan jepang dan dibuat dengan kekejaman kerja paksa. Jika anda pecinta sejarah maka tempat ini sangat tepat buat anda kunjungi. Sebuah situs sejarah yang akan meberikan imajinasi tersendri bagi kita untuk menerka serta merasakan kejadian apa saja yang telah terjadi pada masa itu.

20. Pantai Ujong Blang

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Ujong Blang adalah pantai yang menjadi kebanggan masyarakat Lhokseumawe. Tempat wisata yang dimiliki Aceh Utara ini selalu mempesona para wisatawan untuk mampir ke tempat ini. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang yang berhadapan dengan hamparan lautan samudera Hindia. Bisa dibayang betapa indahnya pantai ini ditambah birunyanya air laut yang menyejukkan pikiran. Selain itu deburan ombak yang tenang serta pasir pantai yang lembut menajadikan tempat ini sering digunakan oleh pengunjung untuk bermain seperti mebenamkan badan atau membuat rumah-rumahan dari pasir.


21. Pulau Seumadu

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Tempat wisata di Aceh Utara yang terakhir yaitu Pantai Seumedu. Dulunya pantai ini bernama Pantai Rencong, namun sering waktu berjalan pantai ini lebih terkenal dengan Pantai Seumedu. Bercerita tentang pantai ini maka hanya ada satu hal yaitu keindahan panoramanya. Selain indahnya pemandangan dan suasanya yang nyaman untuk mencapai lokasi ini juga sangat mudah. Sama seperti pantai lainnya disini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan riuhnya deburan ombak yang membuat tubuk lebih terelaksasi.

Jika anda berencana berkunjung ke tempat wisata ini maka anda bisa datang ke Pulau Seumadu yang terletak di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh Utara. Tempatnya tak jauh dari komplek perumahan PT. Arun yang jaraknya 12 Km dari pusat kota Lhokseumawe.

22. Pantai Lhok Bubon
29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pantai indah ini bernama Lhok Bubon. Terletak di Desa Bubon, Meulaboh, Aceh Barat. Jarak tempuh untuk bisa menjangkau pantai ini sekitar 8 km dari kota Meulaboh.

Keindahan pantai didominasi dengan putihnya pasir dan jernihnya air laut yang begitu mempesona. Tak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata ini tanpa mengajak keluarga. Disini pengunjung dapat menikmati keriuhan ombak serta hempasan angin yang menyapa teramat lembut. Selain itu pantai ini begitu terkenal sebagai penghasil makanan laut. Hampir setiap harinya pengunjung yang berasal dari wilayah sekitar mengunjungi tempat ini untuk sekedar membeli ikan atau menikmati pemandangan alamnya.


23. Pantai Batee Puteh

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pantai Beteh Puteh Merupakan Icon Destinasi Wisata Yang Dimiliki Aceh Barat. Pantai ini berada di kawsan Desa Suak Ujong Kalak, Aceh Barat. Berjarak 3 km dari Kota Meulaboh.

Berbicara keindahan pantai setiap orang jelas memiliki selera masing-masing. Hampir seluruh pantai menawarkan pemandangan alam yang terkadang membuat kita takjub. Sama halnya yang dirasakan jika melihat Pantai Batee Puteh. Suasana alam yang sejuk bersanding dengan hamparan pasir lautnya membentang indah. Jika pada sore hari banyak para pengunjung mendatangi Pantai ini untuk melihat Sunset yang sangat dinatikan.

Tempatnya yang strategis pula menjadi daya tarik untuk berkunjung ke pantai ini. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari Pusat Kota Meulaboh, tepatnya di Jalan Syiah Kuala. Untuk mencapainya pengunjung bisa menggunakan berbagai kendaraan umum dengan jarak tempuh 10 menit dengan ongkos kisaran Rp.2.000-Rp.5.000. Selain menikmati keindahan alamnya disini pengunjung juga dapat berenang dan bermain pasir.


24. Pantai Suak Ribee

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pantai Suek Ribee adalah tempat wisata di Aceh Barat yang terkenal dengan kuliner "kopi terbaliknya" yang dapat ditemui disepanjang pinggiran pantai. Pantai ini terletak di pesisir kota Meulaboh, Aceh Barat. Setiap harinya pantai ini ramai dikunjungi oleh pengunjung meskipun hanya untuk sedar minum kopi atau sekedar melihat sunset.
Jejeran ratusan pohon kelapa dan pohon cemara di sepanjang bibir pantai menambah keindahan akan Pantai Suak Ribee ini. Pemandangan sore hari menjadi begitu sempurna ditemani dengan secangkir kopi terbalik dan hiasan sunset di langit jingganya. Jika anda sedang berada di Kota Meulaboh maka tak ada salahnya untuk mampir ke Pantai ini.


25. Pantai Lanaga

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal

Pantai Lanaga terletak di Desa Peunaga, Aceh Barat. Untuk sampai ke pantai ini cukup dekat, hanya 5 km dari kota Meulaboh. Setiap harinya pantai ini selalu ramai oleh pengunjung. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah tersediakan fasilitas olahraga air seperti jet langit yang menjadi olahraga favorit bila berkunjung ke Pantai ini. Banyak pula wisatawan asing yang berada disiini menikmati keindahan alam Pantai Lanaga.
26. Genang Gedong

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Tempat wisata di Aceh Barat selanjutnya yaitu Genang Gedong. Tempat ini terletak di Gampong Putim, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat. Genang Gedong merupakan Danau yang meliputi 3 desa dengan luas kurang lebih 7 Ha. Tempat ini sering dijadikan untuk memencing dan bersantai bersama kelurga sambil menikmati pemandangan alam yang asri.


27. Pantai Pusong Sangkalan

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal


Pantai ini berada di Desa Sangkalan, berjarak 3 km dari kota Blangpidie, Aceh Barat. Masyarakat setempat sering menyebutnya dengan sebutan "Pantai Bali" karna keindahannya. Pantai ini sering digunakan oleh para wisatawan sebagai tempat berselancar.



28. Mesjid Agung Meulaboh

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Keindahan Mesjid Agung Meulaboh ini sangat mempesona. Bangunan menjulang tinggi dengan hiasan kubah membuat setiap yang melihat berdecak kagum. Wajar jika mesjid ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata religi di Aceh Barat. Mesjid ini masuk dalam kategori 100 mesjid terindah di di Indonesia. Jika anda sedang berkunjung di kota Meulaboh maka luangkan waktu untuk berkunjung ke Mesjid ini dan melakukan Ibadah kepada Allah.


29. Pulau Pusong

29 Tempat Wisata di Aceh Yang Paling Terkenal
Pulau Pusong adalah pulau yang terbentuk dari tumpukan pasir yang terbawa arus dan tertimbun menempel di karang. Pulau ini dapat ditempuh dari dermaga Ujong Serangga Susoh , Aceh Barat Daya dengan jarak 500 meter. Waktu tempuh yang digunakan hanya kurang lebih 35 menit. pengunjung dapat menggunakan boat untuk sampai di Pulau ini.
Luasnya Pulau ini hanya sebesar lapangan bola saja. Namun keindahan yang tersajikan terlalu sayang untuk dilewatkan. Keindahan pasir putihnya sangat mempesona. Pulau ini juga kaya akan wisata bahari dan pesona alam bawah laut. Sehingga bagi anda pecinta sorkling maka Pulau Gosong bisa menjadi salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi apabila berada di Provinsi Aceh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama