Breaking News

16 Tempat Wisata Kerinci Yang Paling Menarik Minat Pengunjung

Kerinci, Sekepal Tanah Surga. Keindahan Alam serta keragaman hayati yang terdapat disani menjadikan kerinci kini semakin dikenal. Kerinci merupakan kabupaten yang masuk dalam wilayah Jambi. Berjarak sekitar 420 Km, ditempuh dalam waktu kurang lebih 8-10 jam dari kota jambi menjadikan kerinci kabupaten yang paling jauh dibaratnya provinsi jambi. Namun semua terbayar apabila anda berkunjung kesini. Keasrian Alam, hamparan sawah, deretan bukit yang berbaris indah, pemandangan gunung, hamparan perkebunan teh kayu aro, Danau Serta Air Terjun menjadikan kabupaten ini menjadi tujuan destinasi wisata saat ini. 

Jika anda saat ini akan atau sedang berkunjung maka dibawah ini beberapa objek wisata yang patut anda kunjungi pada saat berada dikerinci, selengkapnya disini.

1.  Danau Gunung 7

sumber wikimedia.org
Terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia. Berada di kawasan Gunung Tujuh yang masih termasuk ke dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. Danau ini merupakan kebanggan bagi masyarakat kerinci karena merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, dan sekaligus menjadikannya Danau ke dua terbesar setelah Danau Toba. 


Sesuai dengan namanya “Danau Gunung Tujuh” yang memiliki ketinggian 3.805 meter dan dikelelilingi oleh 6 danau yaitu Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi(2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Jalan menunju puncak berbentuk landai dengan kemiringan 50-60 derajat Celcius. 

Untuk menuju lokasi “Danau Gunung Tujuh” sedikit relatif jauh.Dari Kota Jambi wisatawan harus menuju Kota Sungai Penuh, Kerinci yang dapat ditempuh dengan jalur darat sekitar 500 KM mengahabiskan waktu kurang lebih 8-10 jam. Sedangkan dengan jalur udara dari Bandara Sultan Thaha -Sungai Penuh hanya sekitar 1 jam. Dari Sungai Penuh anda harus melanjutkan perjalan ke Desa Pelompak, Kayu Aro yang berjarak 50 Km dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam. Sesampainya disini anda bisa beristirahat di rumah warga serta Homestay yang disediakan dilokasi tersebut. Sebab untuk mencapai Danau Gunung Tujuh anda harus berjalan.

Ada 2 jalur untuk bisa mencapai Danau ini,
Jalur pertama, anda memasuki dari Gerbang Pos Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki jalan landai dan jarak tempuh lebih lama, kira-kira anda perlu waktu 3 jam.
Jalur kedua, anda memasuki dari belakang Wisama Gunung Tujuh bisa ditempuh dengan waktu hanya 2 jam. Namun medan yang relatif sulit serta jalan yang terjal dan curam menjadi kesulitan tersendiri untuk bisa menempuhnya.

Untuk akomodasi dan fasilitas yang tersedia sangat minim. Sehingga disarankan untuk anda yang akan melakukan perjalanan untuk bisa lebih melakukan persiapan dari segala hal. Dan selamat menikmati keindahan di Danau Gunung Tujuh.

2. Danau Kaco
Syahromadoni.blogspot.com
Danau Kaco sebutan warga kerinci yang berarti kaca, memiliki air yang bening dan kebiruan.  Terletak di ketinggian 1.289 meter diatas permukaan laut menjadikan danau ini salah satu objek wisata yang paling diburu oleh para wisatawan. Keelokan danau nan biru dan bening memanjakan mata pengunjung untuk melihat Ikan Semah yang jumlahnya ribuan berlalu lalang mengitari kedalaman danau. Ukuran Danau Kaco memang tak begitu besar hanya sekitar 30 x 30 Meter, namun keindahannya memaksa para wisatawan untuk betah berlama-lama menikmati keindahannya. Ada satu hal yang kini masih menjadi misteri Danau Kaco yaitu kedalamannya. Sebab peneliti sudah mencoba untuk mengetahui dasar danau tersebut, namun cadangan oksigen selalu keburu habis sebelum peneliti mencapai dasar. Sehingga kini tak ada yang tau pasti berapa kedalaman Danau Kaco nan indah ini.

Danau Kaco ini terletak di Sei Penuh, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Yang apabila dari pusat kota Sungai Penuh dapat ditempuh dengan waktu 45 menit menggunakan motor. Selanjutnya untuk mencapai lokasi Danau Kaco pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 4-5 jam menyusuri hutan. Area ini sangatlah rawan, sehingga jika akan berkunjung disarankan menggunakan guide sebagai penunjuk jalan, agar anda tidak kesasar. Selain itu jika anda memiliki rencana untuk pulang hari maka sebaiknya perjalan dimulai sepagi mungkin, jika tidak anda bisa kemalaman di dalam hutan sewaktu jalan pulang. Dan apabila anda berencana menginap maka disarankan untuk mempersiapkan segalanya termasuk makanan serta tenda, agar anda tak kelaparan dan kedinginan pada malam harinya.

3. Danau Kerinci
galeriwisata.wordpress.com
Wisata kerinci yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Danau Kerinci. Terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci menjadikan banyak wisatwan berkunjung disini. Danau yang sangat luas dengan luas 4200 Ha dengan kedalaman 110 M berada diketinggian 783 M dpl dengan diameter keliling danau sepanjang 70 km menjadikannya danau yang terluas kedua setelah Danau Toba. 

Pemandangan yang sangat indah menjadikan tempat ini wajib dikunjungi. Berjajarnya perahu-perahu masyarakat di atas danau menjadi pemandangan indah tersendiri. Sebab danau ini selain menjadi mata pencaharian sebagian nelayan masyarakat disini juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum warga. Selain itu jika anda berencana mengunjungi danau ini maka anda bisa membawa pancing, untunk memancing di danau ini. Kemudian bisa berenang dan berkemah bersama keluarga.

4. Danau Lingkat
dananwahyu.com
Danau Lingkat merupakan danau berwarna hijau yang memiliki luas 12 Ha dan terletak 1.100 M dpl. Keindahan danau ini menjadikannya sebagai destinasi wisata yang perlu anda kunjungi. Berbagai macam misteri dan mitos berada di desa ini. Salah satunya tak ada satupun warga yang diizinkan untuk menyebangi danau menggunakan perahu, melainkan warga menggunakan rakit untuk mengitari sungai disini. Selain itu bagi para pengunjung harus selalu berhati-hati dalam bersikap dan menjaga kata-kata. Sebab di danau ini banyak terjadi kehilangan wisatawan yang tak diketahui penyebabnya. Namun tak perlu khawatir bagi para petualang cukup berhati-hati dan disarankan didampingi oleh penduduk setempat

Lokasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan motor/mobil. Dari lempur butuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai dilokasi, sedangkan dari sungai penuh butuh waktu 1 jam perjalanan.

5. Air Terjun Talang Kemulun
kerincitime.co.id
Air Terjun Talang Kemulun merupakan destinasi wisata yang terletak di kawasan Tanaman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang masih terjaga kealamiannya. Terletak di dalam hutan yang lebat dan jalan yang semak berlukar, menjadikan Air Terjun Talang Kemulun belum terlalu popular dari Wisata lainnya yang terdapat dikerinci. Namun keindahan air terjun Talang Kemulun ini sangat indah dan terdiri dari 12 tingkat. Untuk bisa sampai dilokasi ini maka anda harus menempuh jarak 21 Km dari Kota Sungai Penuh Dan 30 Km dari Desa Sanggaran Agung.

6. Air Terjun Pancuran Rayo 
tempoyak22.blogspot.com
Air Terjun Pancuran Rayo merupakan air terjun baru yang terletak di Desa Koto Tuo, kecamatan Keliling Danau. Sama seperti air terjun lainnya, air terjun ini memiliki keindahan yang tersembunyi di dalam rimbunnya hutan belantara. Tak banyak yang mengetahuinya, sampai-sampai namanya tak tertera di papan penunjuk jalan yang dibuat oleh Dinas Perhubungan. 

Air Terjun Pancuran Rayo ini menjadi salah satu wisata yang wajib anda kunjungi apabila ke kerinci. Jika anda ingin berkunjung maka bisa menuju Desa Koto Tuo. Pintu masuk air terjun di sebelah kanan jalan, jaraknya 15-20 menit dari sei penuh. Setelah memasuki gang jalan kecil maka nantinya anda akan bertemu dengan papan sepanjang 30 cm yang bertulis “Lorong Air Terjun”. Jika anda membawa kendaraan maka bisa dititip dengan biaya penitipan Rp.5.000 kemudian untuk bisa mencapai air terjunnya anda diharuskan berjalan untuk bisa mencapai lokasinya.

7. Air Panas Semerup
picssr.com
Air panas Semerup merupakan kejutan alam dari bumi kerinci. Bagaimana tidak ditengah udara dingin yang menyelimuti tanah kerinci, ada sebuah titik panas yang terlahir akibat aktivitas Vulkanik. Leatknya di Desa Baru, Kecamatan Air Hangat. Untuk sampai disini bisa ditempuh menggunakan kendaraan beroda dua dan beroda empat dengan jarak tempuh sekitar 11 Km dari Sungai Penuh.

Air Panas Semerup menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi apabila anda berkunjung kesini. Jika anda berencana menginap maka tersedia hotel di sungai penuh dengan tarif hotel sekelas melati Rp.100.000/malam, sedangkan jika ingin hotel dengan fasilitas lumayan baik maka bisa menginap di hotel Kerinci dengan harga sewa Rp.220.000/ malam.

Apabila anda berkunjung ke Air panas ini maka anda harus memperhatikan bahwa tidak semua air panas ini bisa digunakan untuk mandi, hal ini disebabkan suhu panas yang mencapai 85 derajat sehingga sangat berbahaya bagi akktivitas manusia. 

8. Bukit Khayangan
robbihafzan.wordpress.com
Seperti Negeri Diatas Awan, itu julukan yang tepat disematkan kepada Bukit Khayangan. Bukit yang merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian wilayah kerinci.  Tampak indah ketika berada diatasnya, jika cuaca terang maka pengunjung dapat melihat sebagian wilayah kerinci dari atas dengan indah, dan apabila cuaca mendung serta berkabut maka pemandangan seolah-olah pengunjung sedang berapa di Negeri Diatas Awan.

Bukit Khayangan bisa menjadi pilihan wisata anda. Bukit yang terletak di Desa Renah Kayu Embun, tidak terlalu jauh dari desa Sei Penuh. Puncak bukit khayangan memiliki tinggi kurang lebih 1.500 meter dpl yang dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam dari kota sei penuh.

9. Gunung Kerinci
panoramio.com
Gunung Kerinci merupakan salah satu icon jambi. Julukan sebagai Atapnya Sumatera karna merupakan Gunung tertinggi di sumatera menjadikan nama jambi dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia. Gunung kerinci memiliki ketinggian 3.805 meter dpl yang terletak di Kayu Aro. Keindahan gunung ini menjadikannya salah satu tujuan pendaki lokal maupun pendaki wisatawan asing. Jika anda memiliki jiwa berpetualang maka sangat cocok untuk mencoba mendaki gunung ini. Namun anda harus memiliki persiapan yang baik, sebab beratnya medan untuk sampai ke medan ini menjadi tantangan sendiri untuk menguji adrenalin pentualangan anda. 

10. Air Terjun Telun Berasap
wisataindonesia.blogspot.com
Apabila anda dari Gunung Kerinci maka tak ada salahnya untuk mampir ke Air Terjun Telun Berasap yang cantik ini. Letaknya yang dekat dengan kawasan Gunung Kerinci menjadikan para pendaki dapat menikmati indahnya air terjun ini. Nama Telun berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit yang tinggi, sehingga menciptakan kabut air disekelilingnya. Berada di kawasan TNKS aliran air terjun berasal dari sungai yang berhulu di Dana Gunung 7. Keindahan akan air terjun yang sekilas berbentuk asap menambah keeksotisan Air Terjun Ini. Banyak yang mengatakan dibalik air terjun ini terdapat Goa yang hingga kini belum ada yang berhasil memasukinya disebabkan derasnya debit air.

Air Terjun Telun Berasap menjadi pilihan wisata wajib yang patut dikunjungi. Jika anda ingin mengunjunginya maka jarak yang ditempuh dari sungai penuh sekitar 60 Km menuju Desa Telun Berasap yang dapat ditempuh dengan menggunakan mobil. Dari pintu masuk jarak ditempuh sekitar 300 meter dengan jalan kaki menuruni anak tangga yang licin, sehingga pengunjung wajib berhati-hati melewatinya.

11. Kebun Teh Kayu Aro
kerincitime.co.id
Kebun teh kayu aro merupakan salah satu penghasil teh terbesar di sumatera. Perkebunan ini dikelolah oleh PTPN BUMN yang bekerjasama dengan pemerintah. Salah satu keindahan yang ditawarkan diperkebunan ini yaitu hamparan kebun teh yang sangat luas sehingga kebun the kayu aro ini bisa dijadikan sebagai pilihan wisata untuk berfoto-foto bersama keluarga. Selain itu anda tak perlu jauh-jauh ke jawa barat untuk hanya sekedar melihat perkebunan the, karna perkebunan the kerinci tak kalah indahnya.

Jika anda berencana untuk mengunjunginya, letak Kebun The ini berada di Desa Bedeng Delapan Kayu Aro, jaraknya 50 Km dari Sei Penuh untuk mencapai lokasi ini kita melewati jalan kerikil sepanjang 300 meter, namun tenang jalan menuju lokasi in ibis menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

12. Goa Kasah
Goa kasah merupakan goa yang dikatakan sebagai peninggalan sejarah pada masa purbakala. Goa yang ditemukan tahun 1963 ini memiliki panjang 150 meter dengan lebar 20 meter. Penikmat sejarah mungkin patut mencoba mengunjungi Goa kasah ini. Goa yang memiliki lorong berbentuk kamar ini membuktikan bahwa dulunya tempat ini merupakan tempat tinggal pada zaman dahulu. Serta dikuatkan setiap dinding Goa terdapat tulisan-tulisan symbol yang diperkiran merupakan peninggalan pada zaman purbakala.


13. Perkebunan Kayu Manis
kipragoforesti.blogspot.com

Selain penghasil teh kerinci juga merupakan penghasil Kayu Manis yang telah diekspor di beberapa Negara di dunia. Sejak zaman penjajahan belanda masyarakat setempat telah menanam kayu manis di kawasan ini. Jika anda berencana melihat tanaman rempah yang sering kita gunakan untuk memasak maka anda bisa berkunjung di bukit talang kemuning yang terdapat perkebunan Kayu Manis disana.

14. Mesjid Agung Pondok Tinggi

robbihafzan.wordpress.com
Wisata yang patut anda kunjungi selanjutnya yaitu Mesjid Agung Pondok Tinggi ini. Terletak di Kota Sungai Penuh menjadikan Mesjid ini bangunan yang indah dan bersejarah. Mesjid ini merupakan salah satu mesjid kuno dengan arsitektur nusantara, beratap tumpang, dan berkonstruksi kayu. Sehingga jika anda penasaran akan kekokohannya yang sampai saat ini masih terjaga maka anda bisa mengunjungi mesjid ini.

15. Kampung Wisata Puncak
Kampung WIsata Puncak merupakan destinasi wisata yang baru dibuka pada tahun 2016 ini. Tak sampai 2 bulan pembukaanya kampung wisata ini sudah menarik minat pengunjung untuk merasakan keseruan permainan di kampung wisata Puncak ini.  Terletak sekitar 45 menit dari kota sungai penuh menjadikan tempat ini banyak dikunjungi pada saat hari libur. Beberapa permainan yang ditawarkan yaitu jarring army, corbonrt, play fot, tangga gantung, dan outbound. Tiket masuk ke taman wisata ini sebersar Rp. 5.000 dan jika anda ingin mencicipi wahana yang tersedia disini cukup hanya membayar Rp.30.000 saja.

16. Kawasan Area Wisata Pekko
wisataindonesiaraya.com
Kawasan Area Wisata Pekko terletak di dalam perkebunan teh kayu aro. Bentuk danau yang tak terlalu besar ini menjadi pemandangan indah tersediri bagi para wisatawan. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampau jika kata pepatah. Sembari menikmati keindahan kebun teh kita juga dapat menikmati keindahan danau di kawasan Area Wisata Pekko ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050