12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi

Pasaman Barat merupakan salah satu Kabupaten yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini amatlah kaya akan keindahan alamnya yang masih tersembunyi. Namun kekayaan alam tersebut belum di kelola secara maksimal oleh pihak terkait.

Meskipun tak begitu terkenal namun daerah ini memiliki potensi wisata alam yang sangat mempesonanya. Diantaranya banyak terdapat objek wisata alam seperti air terjun, pantai, dan gunung. Buat kamu yang berencana berlibur ke Kabupaten ini maka Jalanncerita.com akan menyajikan informasi 12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi. Selengkapnya yuk dibaca!


1. Danau Laut Tinggi

12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Danau Laut Tinggal merupakan salah satu keindahan alam yang tersembunyi di Pasaman Barat. Danau ini terletak di Puncak Gunung Malintang dengan ketinggian 1.900 Mdpl. Keberadaan Danau ini sungguh sangat eksotis, namun keeksotisan alam nan indah ini hanya mampu dinikmati oleh para pendaki dan penjelah alam. Berdasarkan penuturan salah satu pendaki profesional asal Ukraina menyebutkan bahwa Danau Laut Tinggal adalah danau yang pertama kali di publikasi di beberapa media Universitas termuka bahkan dijadikan sebagai objek penelitian oleh ekpeditor asal jerman.

Mungkin di antara kita ada yang tercengang. Bagaimana keindahan Danau yang ada di atas puncak itu, sampai-sampai keberadaannya banyak dicari oleh para penjelah alam. Mungkin sangat indah sekali sehingga wajar Danau Laut Tinggal menjadi salah satu tempat wisata alam paling diminati para penjelajah ketika berada di Pasaman Barat. Danau ini terdapat di Puncak Gunung malintang yang berada di Desa Sitobu, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Di jalur pendakian Gunung Malintang para pendaki akan menemukan Kolam Air Panas Alami yang bisa digunakan untuk merileksasi tubuh yang tengah kelelahan.


2. Pantai Tugu Bangis

12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Pantai Tugu Bangis merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di Pasaman Barat. Jika dilihat dari pemandangan alamnya Pantai Tugu Bangis juga tak kalah indahnya jika di bandingkan dengan wisata alam lain yang ada di Pasaman Barat. Pantai ini memiliki pemandangan laut indah dan menawan.

Pantai ini terletak di Desa Jorong, Kampung Padang Air Bangis, Pasaman Barat. Di depan lokasi pantai ini terdapat tugu yang berdiri kokoh yang disebut dengan Tugu Bangis. Kegiatan sehari-hari yang terdapat di pantai ini yaitu masih banyak di jumpai masyarakat sekitar yang mencari rezeki dengan memancing di sepanjang semenanjung pantai air bangis. Laut bangis ini masih memiliki potensi laut yang kaya dan masih terjaga dari pencemaran lingkungan.


3. Air Terjun Sibura-burai

12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Pasaman Barat sangat kaya akan wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang masih terjaga keasriannya yaitu Air Terjun SIburai-Burai. Air Terjun ini kaya akan pesona alamnya yang sangat menawan. Memiliki 3 tingkatan air terjun, dimana pada tingakatan 1 dan 2 saling berdekatan yang memiliki ketinggian 2-4 meter. Sedangkan air terjun yang utama memiliki ketinggian 30 meter dengan arus air yang lumayan deras menggguyur bumi.

Air terjun Sibura-Burai terletak di Kenagarian Aua Kuniang kecamatan Pasaman, Pasaman Barat. Lokasinya ini hanya berjarak 13 km dari Ibukota Pasaman Barat, simpang Ampek. Air terjun ini masing sangat alami sehingga suasana yang masih asri dan nyaman bagi pengunjung.


4. Pulau Panjang

12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Sebagai wilayah yang memiliki gari pantai mencapai 152 Km. Maka tak heran Kabupaten Pasaman Barat memiiliki banyak pantai-pantai eksotik dan jajaran pulau-pulau kecil. Salah satu pulau yang paling terkenal dan berpenghuni yaitu Pulau Panjang. Daya tarik yang dimiliki pulau ini adanya Hanggar yang dibangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasaman Barat untuk menarik minat wisatawan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu memancing, Snorkeling, dan Diving.

5. Pantai Sikilang
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Tempat wisata di Pasaman Barat berikutnya yaitu Pantai Sikilang. Pantai ini berada di Kecamatan Sungai Aua. Berjarak sekitar 22 Km dari ibukota Pasaman. Daya tarik yang dimiliki pantai ini salag satunya masih alami dan masih sangat jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Namun bagi yang sudah mengunjungi pantai ini mengungkapkan Pantai ini sebagai surganya rekreasi, terkhusus bagi para wisatawan yang gemar berjemur. Dan juga pantai ini memiliki ombak yang sangat bagus sehingga cocok bagi yang hobbi berselancar.

6. Pantai Sasak
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Pantai Sasak terletak di Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Pantai ini menjadi pantai paling favorit bagi masyarakat pasaman barat. Setiap harinya terutama pada saat liburan pantai ini akan padat dikunjungi oleh wisawatan. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini yaitu pantai indah yang memiliki ombak besar yang berhubungan secara langsung dengan Samudera Hindia.

7. Danau Indah Koto Balingka
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Danau Koto Balingka merupakan pesona wisata selanjutnya di Pasaman Barat. Danua ini terletak di Kecamatan Koto Balingka yang berjarak 55 km dari Ibukota pasaman barat. Di tempat ini terdapat 3 danau yaitu Danau Keruh, Danau Jernih, dan Danau Loweh yang saling berdekatan hingga diberi nama Danau Indah. Tempat ini sering sekali dijadikan sebagai tempat wisata bagi masyrakat setempat. Hal yang terpenting yang bisa dinikmati oleh pengunjung yaitu sajian pemandangan Danau yang sangat mempesona. Untuk bisa menikmati danau ini secara dekat maka pengunjung dapat menyewa perahu yang bisa disewa dengan masyarakat sekitar. 

8. Waterboom Padang 7 
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Waterboom Padang 7 adalah Waterboom pertama yang ada di Pasaman Barat. Wajar setiap harinya tempat ini dikunjungi ribuan masyarakat mengunjungi tempat wisata ini. Tempat ini dilengkap Kiddy Area, Sampam Dayung, Kolam Arus, dan Wahana Peluncuran Air. Disini juga terdapat taman seluar 10 Hektar yang bisa menampung ribuan wisatawan sekaligus. Mungkin jika anda tertarok silahkan berkunjung ke Waterboom ini.

9. Lubang Jepang
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Ternyata Pasaman Barat Juga memiliki gua yang sama seperti yang ada di Padang Panjang yakni Goa Jepang. Goa atau yang biasa disebut masyarakat sekitar Lubang jepang ini merupakan salah satu bukti sejarah bahwa dulunya Pasaman Barat pernah di jelajahi oleh penjajah jepang. Lubang jepang ini terletak di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Meskipun bentuknya yang tak terlalu terawat namun tempat ini dijadikan salah satu objek wisata di Pasaman Barat.

10. Gunung Talamau
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Gunung Talamau merupakan salah satu Gunung Tertinggi di Sumatera Barat. Ketinggian gunung ini mencapai 2.982 Mdpl yang menjadikannya sebagai puncak tertinggi di Sumatera Barat. Daya tarik dari Gunung Talamau ini yaitu keaslian hutan tropis yang dihuni oleh berbagai jenis hewan. Selain itu di puncak gunung ini para pendaki dapat menjumpai belasan telaga yang menghiasi areal padang rumput yng luas yang ditumbuhi dengan Bunga padi, khas Puncak Gunung Talimau

11. Paralayang
12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Jika anda penggemar olahraga Paralayang maka anda bisa mencobanya di Kabupaten Pasaman Barat. Olahraga ini terdapat di bukit yang memiliki view pemandangan Gunung Talamu. Di kawasan ini anda dapat terbang mengelilingi udara menyusuri kota Pasaman Barat. Dijamin ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi perjalanan wisata anda.


12. Air Terjun Simpang Panco

12 Tempat Wisata di Pasaman Barat yang Wajib Dikunjungi
Wisata di Pasaman Barat selanjutnya yaitu Air Terjun Simpang Panco. Air terjun ini terletak di Kecamatan kinali. Air terjun ini sebenarnya memiliki potensi wisata yang baik. Namun dikarenakan akses menuju air terjun ini masih terlalu rumit menyebabkan air terjun ini belum efektif di manfaatkan sebagai tempat wisata oleh pemenrintah. Namun pada saat waktu libur tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama