Breaking News

11 Tempat Wisata di Pagar Alam Yang Paling Terkenal

Pagar Alam merupakan salah satu Kabupaten dari Sumatera Selatan. Sejak dulu Pagar Alam dikenal sebagai kota tujuan wisata di Provinsi Sumatera Selatan, yang memiliki keindahan panorma alam yang sangat mempesona. Jika anda dari Palembang maka anda membutuhkan waktu tempuh 6,5 jam dengan jarak 279,5 km.
Kota Pagar Alam adalah potret keindahan indonesia yang begitu mempesona. Disini kita dapat menikmati keindahan alam pegunungan, Air terjun, situs bersejarah, dan juga Danau. Buat kamu yang saat ini sedang berada di Sumatera Selatan maka direkomendasikan untuk mampir ke kawasan Pagar Alam untuk menikmati sajian alam yang luar biasa. Buat referensi liburan kamu kali ini Jalanncerita.com akan menyajikan 11 Tempat Wisata di Pagar Alam Yang Paling Terkenal. Selengkapnya berikut ini;


1. Tebat Gheban

http://www.pergidulu.com
Selain terkenal dengan Air terjun dan Wisata Pegunungan. Pagar Alam juga menyimpan keindahan lain, yakni berupa Danau. Salah satu danau yang paling terkenal di masyarakat adalah Tebat Gheban.

Theban Geban merupakan danau alami yang memiliki luas 3 hektar dan kedalamnya mencapai 12 meter. Danau ini memiliki keindahan alam eksotis luar biasa. Diapit oleh Gunung Dempo dan Bukit Barisan menjadikan tempat ini sangat menawan. Aktifitas yang terdapat di danau ini yaitu Memancing, selain itu setiap sore banyak juga dijumpai aktivitas oleh para penambang udang.  

2. Puncak Gunung Dempo
http://www.indonesiakaya.com
Gunung Dempo merupakan satu-satunya Gunung Merapi dengan Puncak tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian 3.159 MDPL. Gunung Dempo terletak di perbatasan antara Bengkulu dan Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Pagar Alam. Keistimewaan dari pegunungan ini ternyata sudah diakui oleh pemerintah Nasional. Sehingga lokasi ini terpilih sebagai arena cabang olahraga Paralayang PON ke XVI lalu. 

3. Air Terjun Lematang
Satu lagi tempat wisata di Pagar Alam yang menyuguhkan keindahan alam yaitu Air Terjun Lematang. Air terjun ini terletak di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Palembang.

Keistimewaan yang dimiliki air terjun dengan ketinggian 40 meter ini ialah keterjangkauan lokasi yang mudah di akses. Sehingga tak heran Air Terjun Lematang Indah ini menjadi salah satu lokasi pariwisata yang banyak dikunjungi. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang masih begitu alami.


4. Perkebunan Teh Kaki Gunung Dempo

http://ninoroesad.blogspot.co.id
Salah satu hal yang sangat menyegarkan dilihat oleh mata adalah kehijauan hamparan alam yang begitu indah. Hal ini menyebabkan banyak orang yang tertarik menikmati suasana perkebunan teh di kaki Gunung Dempo. Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi di Wilayah Sumatera Selatan. Gunung ini terletak di Kabipaten Pagar Alam yang berjarak sekitar 300 km dari Pusat Kota Palembang.


Keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Dempo salah satunya panorma alamnya yang begitu indah. Ditambah hamparan ladang petani dan hijaunya kebun teh menjadikan Gunung Dempo layaknya bidadari bagi pariwisata Sumatera Selatan. Dari kejauhan tampak hampara hijau kebun teh sesekali ditutupi kabut yang menambah pemandangan keeksotisan alam yang mempesona. Wajar jika Kebun Teh Gunung Dempo kini menjadi salah satu tempat wisata di Pagar Alam yang paling terkenal.


5. Tangga 2001
hartanto.files.wordpress.com
Tangga 2001 merupakan tangga yang dibangun sebagai obyek wisata sekaligus tempat terapi pengobatan telapak kaki. Kawasan tempat wisata ini beradi di Gunung Gare, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam.

Keindahan dari Tangga 2001 ini yaitu lokasinya yang berada di komplek perkantoran sehingga semua warga bisa menikmati obyek wisata ini. Tangga ini terbuat dari beton dan batu kerikil yang dapat digunakan sebagai pijat refleksi kaki. Dan juga keindahannya akan semakin lengkap karna wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Dempo sambil berjalan. 

6. Air Terjun Mangkok
http://hellopalembang.com
Air Terjun Mangkok atau yang sering disebut Cughup Pancur merupakan salah satu wisata yang berada di Pagar Alam. Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter, sehingga aliran yang dihasilkan mirip seperti pancuran raksasa. Air terjun ini tepat dibawah kaki Gunung Dempo. Sehingga air disini begitu dingin. Lokasi yang masih begitu asri menyebabkan tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi tujuan bagi para pengunjung.


7. Air Terjun 7 Kenangan

http://www.pergidulu.com
Wisata di Pagar Alam selanjutnya yaitu Air Terjun 7 Kenangan. Air terjun ini terletak di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara. Air terjun cantik ini memiliki banyak tingkatan dengan pancuran yang begitu indah. Di antara beberapa tingkatan tersebut ada yang paling tinggi.

Air Terjun ini merupakan salah satu potensi wisata di Pagar Alam yang masih sangat alami. Di beberapa sudut kawasan tersebut ditemukan berbagai jenis tumbuhan dan bebetauan. Oh ya.. disini juga terdapat kolam dan peluncuran yang bisa digunakan untuk para pengunjung bermain pelosotan.


8. Green Paradise

http://www.pergidulu.com/
Tempat wisata di Pagar Alam yang satu ini selain paling terkenal kini menjadi tempat wisata idola bagi masyarakat yaitu Green Paradise. Obyek wisata lokal ini berada di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, Pagar Alam.

Green Paradise merupakan sungai buatan yang memiliki air yang sangat bening yang berasal dari mata air alami. Disekitar kawasan ini pengunjung dapat menikmati keindahan pesona alam. Selain keindahan alamnya pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktifitas seperti memancing, berenang, memanen sayur, menunggang kuda, dan berbagai aktifitas rekreasi lainnya.

Sehingga wajar sejak berdirinya Green Paradise, tempat ini menjadi idola wisata bagi masyarakat. Untuk harga tiket masuk Green Paradise sebesar Rp. 5.000/ dewasa dan Rp.2.500/anak-anak. Ya,, cukup murah untuk semua kalangan. Untuk sampai di lokasi cukup menempuh jarak 7 km dari pusat kota Pagar Alam. 

9. Situs Megalithikum
http://www.rmolsumsel.com
Tempat wisata di Pagar Alam yang paling terkenal selanjutnya adalah Situs Megalithikum. Situs Megalithikum terletak di Desa tegur Wangi Lama dan Desa tanjung Aro. Menurut berbagai sumber nasional menyebutkan bahwa situs ini telah di daftarkan UNESCO sebagai kandidat Situs Warisan Budaya. Di kawasan ini banyak sekali peninggalan situs sejarah hal yang bisa ditemui oleh pengunjung seperti Arca Besemah, Manusia Dolmen, Menhir, Rumah Batu, serta Kuburan batu yang ditaksir berumur 1.000 tahun.

10. Danau Merah Rimba candi
Tempat Wisata di Pagaralam selanjutnya yaitu Danau Merah Rimba. Karna keunikannya kini nama Danau Merah semakin terkenal di kalangan masyarakat.

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung karna terdapat fenomena alam yang langkah. Hal yang pertama yaitu kondisi warna Danau yang keseluruhan berwarna seperti darah, Kedua pernah ditemukan kelabang raksasa yang memiliki ukuran lebar 30 cm dan panjang 50 cm, dan Hal ketiga ditemui kerbau yang telingahnya dipenuhi sarang lebah. Dan masih banyak hal aneh lainnya yang ditemukan di tempat ini. 

Danau Merah Rimba Candi terletak di perbatasan Pagar Alam dan Bengkulu, tepatnya di wilayah Perbukitan Raja Mandare. Untuk akses menuju tempat ini begitu berat. Butuh waktu sekitar 1-2 hari berjalan kaki dan itu tergantung dari kondisi fisik dan cuaca selama perjalanan. Danau Merah ini sudah banyak dikujungi oleh para arkeolog untuk meneliti tanda-tanda situs sejarah yang terdapat di sekitar danau yang memiliki luas hampir 6 Hektar. Di perkirakan kawasan ini dulunya terdapat pusat kerajaan Sriwijaya yang keberadaanya hingga kini masih selalu jadi misteri.

11. Air Terjun Curup Embun
instagram @ayuhrh
Tempat wisata di Pagar Alam yang paling terkenal selanjutnya adalah Air Terjun Curup Embun. Air terjun ini memiliki pesona alam yang begitu indah. Terletak tepat di sebelah timur kaki gunung dempo.

Memiliki tinggi 80 meter dengan intensitas air yang tak begitu deras menyebabkan tampungan kolam dibawah dapat digunakan para pengunjung untuk berenang dan menikmati embun air yang jatuh dari bibir jurang. Selain itu banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisawan saat berkunjung ke tempat ini seperti bersantai di pondokan pinggiran sungai dan juga bisa menikmati air pegunungan yang mengalir di sepanjang sungai tersebut.


Air Curup Terjun Embun terletak di Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagar Alam Sumatera Selatan. Cukup menempuh sekitar 15-20 menit dari kota Pagaralam untuk bisa sampai di lokasi. Untuk bisa sampai ke Air Terjun maka pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga, namun kelelahan tersebut bisa tergantikan dengan udara dingin dan sajian alam yang mempesona. Air Terjun ini selalu ramai dikunjungi masyarakat terutama pada akhir pekan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050