Breaking News

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Jika anda sedang berkunjung ke Provinsi Jambi maka kota pertama yang akan anda temui yaitu Kota Jambi. Kota ini merupakan bagian dari Provinsi Jambi yang menjadi sentral pemerintahan dan disini pula terdapat Bandara Udara yang menjadi tempat transit setiap berkunjung ke Jambi. 

Memang saat ini belum terlalu banyak tempat wisata yang menarik di Kota Jambi. Meskipun jambi sangat terkenal dengan Gunung kerinci, untuk mencapainya perlu waktu 10 jam dari kota jambi. So.. buat kamu yang hanya punya waktu sebentar untuk berkunjung ke jambi maka disarankan untuk mengunjungi tempat wisata terdekat yang tersedia di Kota Jambi. Kali ini Jalanncerita.com akan menunjukkan 11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi.

1. Taman Rimba

Taman rimba merupakan satu-satunya taman wisata fauna yang menjadi kebanggan warga jambi. Memiliki lokasi yang tak jauh dari area bandara menjadikan taman ini menjadi tampak beda. Setiap wisatawan yang berkunjung dari luar daerah setiap harinya apabila hendak pergi atau pulang menuju bandara maka akan melintasi taman ini.


Saat ini Taman Rimba menjadi salah satu daftar kunjungan wisata bagi para warga jambi. Keragamaan hewan yang terdapat disini menjadi alasan bagi para orang tua membawa anak-anaknya untuk mengenalkan secara langsung hewan apa saja yang berada disini.



Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan yang berada disana dengan memberikan makanan kepada meraka. Hal ini dipanatau langsung oleh petugas, serta hewan yang diizinkan untuk diberikan makan hanya hewan-hewan tak membahayakan bagi keselamatan manusia. Selain itu bukan hanya kumpulan hewan yang terdapat disini. Namun di tempat yang berbeda namun dalam satu lingkungan Taman Rimba berdiri 7 Rumah adat dari beberapa kabupaten di Provinsi Jambi. Sehingga para wisatawan dapat berfoto-foto mengabadikan moment pada saat berkunjung ke jambi. Serta terdapat area luas yang digunakan untuk jogging pada sore hari. Dan jika pada minggu pagi maka area ini akan dipenuhi oleh warga jambi untuk berolahraga dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat lainnya.



Jika anda berencana mengunjungi tempat ini maka anda bisa langsung menuju area bandara tak jauh dari sana ada plank yang bertuliskan taman rimba. Taman rimba buka Senin-Minggu Jam 09.00-16.00. Untuk harga tiket masuk ke area fauna cukup membayar Dewasa Rp. 7.000 dan Anak-Anak. Rp 5.000. Sedangkan untuk tarif parkir anda cukup membayar Rp.3.000/ Motor dan Rp.5.000/Mobil.



2.Taman Anggrek Sri Soedawi


11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Jika anda berkunjung ke Jambi maka tak ada salahnya untuk mampir ke Taman Anggrek Sri Soedawi. Terletak di jantung kota yang berhadapan dengan komplek perkantoran gubernur menjadikan taman ini sangat mudah untuk diakses oleh para pengunjung. Dengan luas 2,5 Ha Taman ini memiliki koleksi tanaman anggrek lebih dari 60 jenis. Sehingga pada saat berkunjung kesini, maka mata akan disuguhkan warna-warna bunga anggrek dan semerbak wangi yang berasal dari tanaman tersebut.


Kesejukan dan keasrian taman ini menjadikan pengunjung betah berada disini. Fasilitas gazebo dan air mancur pun tak kalah menghiasi taman ini. Khusus yang hobi foto-foto maka taman ini menjadi pilihan tepat, karna banyak lokasi yang bisa dijadikan backround untuk mengabadikan moment indah anda.



3.Hutan Pinus

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Sebagai kota yang berada di daratan rencah, sebenarnya agak sulit menemukan hutan pinus yang dapat ditumbuh di kota jambi. Sebab kita banyak menemukan hutan pinus tumbuh di daratan rendah dengan suhu yang sejuk. Namun ternyata kota jambi memiliki hutan pinus yang berjajar rapid an menjulang tinggi. Terletak di jalan Jambi-Palembang Km 11 Kenali Asam Bawah, tepat berada di gerbang perbatasan Kota Jambi – Kab Muaro Jambi. Taman ini awalnya adalah tempat pembudidayaan tanaman Pinus, yang mulai dibangun pada tahun 1964 dan kemudian berkembang menjadi Taman.


Jika anda berada dijambi maka tak ada salahnya mampir kesini. Hutan dengan luas kurang lebih 10 Ha dengan ditumbuhi berbagai jenis pohon yang bukan hanya pinus, namun ada pula pohon seperti bulian, tembesu, dan gahar yang tidak kita temui ditempat lain. Berbagai macam varietas burung serta kupu-kupu dan serangga lainnya juga banyak ditemukan disini. Tak perlu khawatir jika anda ingin mengekplore hutan pinus ini tak perlu melewati semak-semak belukar seperti hutan lainnya. Melainkan pengunjung sudah disediakan jalan setapak (Conblok) yang menjadikan penjelajah anda semakin menyenangkan.


Jika anda berencana berlibur bersama keluarga maka Candi Muaro Jambi bisa menjadi pilihan liburan anda. Candi Muaro Jambi merupakan situs sejarah peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu (11M). Candi Muaro jambi terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Jarak dari pusat kota cukup dekat, yaitu sekitar 26 km kearah timur dengan jarak tempuh sekitar 45 menit.


Untuk bisa memasuki kawasan ini anda cukup membayar uang retribusi sebesar Rp.3000/dewasa dan Rp.2000/anak dan biaya parkir Rp.3.000/motor dan Rp.6.000/mobil. Disini pengunjung dimanjakan dengan suasana alam dimana tersedia pendopo untuk bersantai, penyewaan sepeda, dan juga penyewaan perahu. Untuk penyewaan perahu anda cukup membayar Rp.10.000/dewasa dan Rp.5.000/anak maka anda sudah bisa mengitari kanal-kanal tua yang berada disekitar komplek percandian ini. Selain itu disini juga terdapat museum purbakala yang bisa menambah wawasan pengunjung akan keberadaan situs percandian ini.



5. Gentala Arasy

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Gentala Arasy merupakan jembatan yang berkonsep sebagai pendestrian bagi pejalan kaki yang kini menjadi ikon baru bagi warna jambi. Jembatan dengan panjang 503 meter dan lebar 4.5 meter ini berada di atas sungai batanghari yang mengubungkan kota jambi dengan kota seberang. Gentala Arasy yang berarti Genah Tanah Lahir Abdurahman Sayuti dibangun pada tahun 2012 pada saat pemerintah Hasan Basri Agus. Letaknya tepat di depan rumah dinas Gubernur Jambi.


Berada di pusat kota menjadikan Gentala Arasy menjadi pilihan bagi pengunjung untuk menikmati kota jambi. Ditambah lagi lokasinya bersebelahan dengan Mall Ramayana dan WTC menjadi lokasi gentala arasy sangat strategis. Jika anda berminat untuk berkunjung maka anda bisa berkunjung kapan saja tanpa ada batasan waktu. Jika anda berkunjung pada malam hari maka ini waktu yang tepat. Anda bisa melihar keindahan lampur warna-warni yang menghiasai sepanjang sisi jembatan. Selain itu banyak juga tersedia berbagai macam menu makanan yang bisa anda nikmati dengan keluarga anda.



6.Taman Remaja

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Taman Remaja atau biasa dikenal orang TR merupakan taman yang disediakan untuk para muda mudi. Letaknya yang sangat strategis di pusat perkantoran, gedung olahraga, dan kuliner menjadikan taman ini ramai dikunjungi. Setidaknya jika anda sudah lelah berjalan jalan disekitar taman maka anda bisa langsung ke sisi kiri maka ada hidangan kuliner lezat disana yaitu mie ayam ceker dan es bidadari. Anda perlu mencobanya


7. Kampung Raja

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Kampung Raja merupakan tempat yang menyediakan wahana permainan. Sedikitnya terdapat 16 wahana permainan antara lain Seperti Gokart, Mobil Buggi, Jasmine Water Park, paintball, Outbound regular flaying fox, outboand ekstreem flaying foox, Sepeda air, Kiddy land, confoy bus, sepeda layang, Bumper boat, kereta api, Istana balon, Ombang-ambing, kolam pamancingan dan mutar-mute.


Kampung raja terletak di  Alamat. Jln. Lingkar Barat. No. 108 Kenali Besar. Simp. Rimbo Jambi Telp. (0741) 584059 Fax: 58406. Kampung Raja buka setiap hari dari jam 09.00 -17.00. Harga tiket yang masuk di kampung raja Rp.45.000 per orang. Gratis 10 wahana permainan dan mendapatkan 1 botol soft drink.



8. Taman Jomblo

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Taman Jomblo merupakan pendestrian yang dipersembahkan oleh pemerintah kota kepada warga jambi. Terletak di sekitaran kompleks perkantoran pemerintah kota jambi Kota Baru menjadikan taman ini tak pernah sepi. Setiap harinya banyak masyarakat yang hanya sekedar duduk-duduk dan menikmati keramaian kota bersama keluarga maupun kerabat. Jika anda sedang berkunjung ke jambi maka bisa mampir ke taman ini. Setiap minggunya lokasi ini dijadikan sebagai Car Free Day yang akan dipenuhi oleh sebagian masyarakat jambi.


9. Danau Sipin

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Masih menjadi mitos atau memang kenyataan bahwa pusatnya Jambi Tanah Pilih Pusako Betuah berada di titik Danau Sipin. Danau ini berada tepatnya di belakang Kantor Dinas Gubernur Provinsi Jambi. Banyak aktifitas yang dilakukan di danau ini selain aktifitas para nelayan danau ini juga digunakan sebagai latihan dayung oleh para atli.


Jika anda berkunjung ke jambi maka ini bisa menjadi pilihan kunjungan anda. Disini anda bisa melihat riuhnya air, burung-burung indah yang beterbangan, dan keindahan sunset pada sore harinya. Anda juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu nelayan.



10. Mesjid Al-Falah

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Mesjid Agung Al-Falah Kota Jambi atau biasa disebut mesjid Seribu Tiang merupakan salah satu mesjid terbesar di Provinsi Jambi. Yang menjadi ciri khas dari mesjid ini yaitu banyaknya tiang disetiap sisi bangunan. Tiang berfungsi sebagai desain anti gempa. Sebenarnya jumlah tiang tak sampai jumlahnya 1.000 melainkan hanya berjumlah 232. Namun karna banyaknya tiang yang menjulang tinggi dan berjejer dengan rapi maka mesjid ini lebih dikenal warga dengan mesjid 1000 tiang. Bukan hanya itu disekliling mesjid terdapat kola yang banyak berisi ikan. Jika anda kesana bersama keluarga maka selain beribadah anda juga dapat bergembira dengan anak dengan sekedar memberi makan ikan disana.


11. Jambi Paradise

11 Tempat Wisata Di Kota Jambi Yang Menarik Untuk Dikunjungi
Kini satu lagi wisata di kota jambi yang tak kalah menariknya dari yang lain yaitu Jambi paradise.  Wisata air yang terhitung baru di jambi ini ternyata mampu menarik minat ribuan pengunjung untuk datang ke tempat ini. Bagaimana tidak, 2 tahun yang lalu sebelum diresmikan tempat ini banyak sekali menarik perhatian warga jambi. Silih berganti muda mudi mencari tempat ini berawal cerita-cerita menarik lahir dari tempat ini. Kira-kira tahun lalu tempat ini baru diresmikan. Dipastikan setiap weekend tempat ini bakal dipadati oleh ratusan pengunjung. Letaknya yang sangat dekat dengan jalan kota menjadikan tempat ini mudah dijangkau.


Jika anda berencana untuk berkunjung ke tempat ini maka anda hanya perlu merogoh kocek Rp.20.000/ orang bunus 1 palstik kecil berisi pelet untuk diberikan ke ikan yang ada dikolam nantinya. Jambi paradise buka setiap hari dari jam 08.00-17.00. So pastikan kamu berkunjung ke temapt ini karna ini satuya-satunya wisata air yang ada di kota jambi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050