10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

Sijunjung merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Sumatera Barat. Nama sijunjung memang belum cukup terkenal di kalangan masyarakat secara nasional namun kekayaan alamnya memiliki potensi pariwisata yang sangat besar.


Memang sebagian dari kita jarang mendengar eksistensi objek wisata di Kabupaten Sijunjung. Padahal objek wisata alam di daerah ini tidaklah kalah dibandingkan dengan objek wisata yang ada di daerah lain. Lalu mengapa kita tidak pernah mendengar gaungnya. Kurangnya promosi dan publikasi dari objek-objek wisatanya atau kurangnya pengelolaan dan perhatian terhadap objek wisata yang ada. Nah sebagai anak indonesia yang bangga akan kekayaan alamnya kali ini jalanncerita.com akan membagikan informasi kepada kamu tentang 10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal yang wajib kamu kunjungi. Selengkapnya,, yuukk dibaca!
 

 1. Danau Hijau Bukit Bual
10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Tempat Wisata pertama di Sijunjung adalah Danau Hijau Bukit Bengal. Dulunya tempat ini merupakan bekas tambang batubara yang sudah tidak digunakan lagi. Karena itu kini lubang yang ternganga akibat ditinggalkan menjadi sebuah Danau yang mempesona. Danau ini terletak di Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto VII, Kabupetan Sijunjung. Untuk mencapai lokasi hanya dibutuhkan waktu 15 menit dari tanjung ampalu dan 45 menit dari ibukota Muaro Sijunjung.


Danau Hijau Bukit Bengal kini namanya semakin terkenal bahkan beberapa media telah meliput akan keindahan danau hijau ini. Setiap harinya banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Karna keunikan danau yang berwarna hijau maka banyak pengunjung yang sengaja mengabadikan moment tersebut dengan latar belakang Danau serta panoramanya yang mempesona.



2. Ngalau Talago

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Ngalau Talago merupakan surga sesungguhnya bagi pecinta trekking, caving dan petualangan sejati. Ngalau atau Gua ini adalah tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Sijunjung. Gua ini sangat eksotis dan menawan. Bahkan karna pesonanya mampu menarik beberapa kalangan penting seperti komunitas pecinta alam, peneliti dan jurnalis untuk menyaksikan keelokan Gua ini.


Ngalau Talago ini terletak di Nagari Silokek yang berjarak 2 Km dari pasir putih dan sekitar 45 mrnit berkendara dari Muaro Sijunjuang. Untuk mencapai lokasi tak terlalu sulit para pengunjung cukup berjalan sejauh 1,5 km untuk bisa mencapainya. Memang perjalanan menuju kesini cukup melelahkan namun semua terbayar dengan keindahan yang kita dapatkan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati keindahan gua dengan hiasan stalagtit dan stalagmit yang meneteskan butira-butiran air yang bening serta memancarkan cahaya bagaikan manik-manik. Bisa dikatakan bahwa gua ini sangat mempesona dan akan membuat pengunjung betah berada di dalamya.


3. Pulau Andam Dewi
10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Pulau Andam Dewi merupakan tempat wisata berupa pegunungan terjal yang terletak di Kawasan Musiduga Silokek. Tempat ini sangat indah, di dalamnya tumbuh hutan tropis di pulau ini pula ada pemukiman yang sebagian besar masyarakatnya sangat menjaga keasrian pulau ini. Tempat ini memiliki pemandangan yang asri. Maka wajar jika tempat ini di jadikan sebagai tujuan wisata. Untuk menunjang pariwisata pemerintah daerah setempat juga telah membangun beberapa buah Gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat.


4. Wahana Telabang Sakti

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Salah satu tempat wisata yang banyak di mintai oleh banyak anak-anak sijunjung adalag Wahana Telabang Sakti. Tempat wisata ini berupa kolam pemandian dengan beragam permainan di dalamnya. Tempat ini sengaja direkayasa secara alamiah oleh pemiliknya sehingga kini pemandian Telabang Sakti banyak diminati pengunjung. Di tambah lagi disekitar pemandian terdapat lokasi outbond yang berbatasan langsung ke arah hutan. Pastinya apabila berwisata ke tempat ini akan sangat seru.


Wahan Telabang Sakti terletak di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupeten Sijunjung. Tepatnya di pinggir ja;an Negara di kiliran Jao ke Teluk Kunantan. Hanya dibutuhkan jarak 8 Km dari kiliran Jao untuk sampai di tempat ini.



5. Lokomotif Uap

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal

Lokomotif Uap merupakan wisata sejarah yang ada di Sijunjung. Tempat ini menjadi saksi sejarah dari penjajahan jepang. Dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk mengumpulkan para pemuda jawa dan sumatera yang dijanjikan untuk di sekolahkan. Namun pada kenyataanya mereka di bawa ke dari MUSIDUG untuk dipekerjakan secara romusha. Kini tempat ini di rubah menjadi tempat wisata sejarah yang dimana setiap pengunjung bukan hanya sekedar datang namun juga bisa belajar dari sejarah yang dimiliki tempat ini. Lokomotif uap ini terletak di Nagari Durian Gadang atau jika dari pasir putih berjarak sekitar 2,5 km.

6. Arum Jeram

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Aliran Sungai Batang Kuantan terkenal sebagai salah satu trek olahraga arum jeram yang ada di Kabupaten Sijunjung. Banyaknya minat pengunjung untuk berwisata sekaligus menikmati olahraga ekstrim disini maka pemerintah menanggapi ini dengan serius. Terlihat dari Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten sijunjung telah mengembangkan kegiatan wisata dan oleharaga di tempat ini. Salah satunya dengan menyediakan pendamping dan memberi kenyamanan bagai para pelaku arum jeram. Salah satu keistimewaan olahraga arum jeram disini yaitu Aliran Sungai Batang Kuantan Masuk dalam kategori kesulitan yang dimana pelaku arum jeram sudah harus cekatan paling tidak sudah profesional untuk mencoba trek di tempat ini.


Lokasi Arum Jeram Batang Kuantan terletak di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Lokasinya berjarak sekitar 120 Km dari Kota Padang.



7. Perkampungan Adat Sijunjung

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Perkampungan Adat di sijunjung merupakasan kawasan perkampungan eskotis yang dijadikan sebagai kunjungan wisata di Kabupaten Sijunjung. Perkampungan Adat ini banyak memiliki keunikan dan keunggulan bila dibandungankan dengan daerah lain di Provinsi Sumatera Barat.


Perkampungan yang pertama yaitu Jorong Koto Padang adalah sebuah kawasan yang menjadi refleksi kehidupan masyaralat Nagari Sijunjung dalam bidang Sosial kemasyarakatan, Ekonomi, Seni dan Budaya diwujudkan dalam aktivitas-aktivitas rutin di tempat ini. Sedangkan perkampungan adat yang kedua yaitu Perkampungan adat Nagari Sijunjung Koto Padang Ranah dan Tanah Bato Pada tahun 2004 tempat ini telah diusulkan sebagai Warisan Dunia ke Unesco.



8. Air Terjun Batang Taye

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Tempat wisata alam di Sijunjung berikutnya yaitu Air Terjun Batang Taye. Air terjun ini terletak di Kawasan Wisata Silokek. Salah satu kekhasan yang dimiliki air terjun ini terdiri dari 8 tingkatan yang setiap tingkatannya memiliki keindahan tersendri.


9. Simpang Tugu

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Simpang Tugu merupakan landmark Kabupaten sijungjung, di simpang tugu sering diadakan acara event event besar, dan disekitarnya terdapat kantor kantor pemerintahan, setiap malam banyak orang yang berjualan di sekitar simpang tugu ini. Jika kamu sedang berkunjung ke kota Sijunjung maka kamu bisa mampir ke Simpang Tugu sebagai tempat foto untuk mengabadikan moment liburan kamu di kota ini.


10.Pasir Putih

10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang Paling Terkenal
Pasir Putih merupakan kawasan wisata alam yang cukup populer di sinjunjung. Walaupun hamparan pasir ini terletak di pinggir sungai namun hamparan pasir putih ini tidak kalah indahnya dengan hamparan pasir di pinggir lautan. Sambil bersantai di pasir putih ini kita bisa merasakan besarnya kekuasaan Tuhan yang menciptakan keindahan alam di Silokek ini. Mudah-mudahan.

 Tempat ini menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Terdapat bukit-bukit karang yang berdiri di sepanjang pinggiran sungai, terdpaat pula tebing yang membentuk ngarai-ngarai yang indah dengan aliran sungai Batang Kuantan di bawahnya. Tidak lama dalam perjalanan akan dijumpai sebuah pemandangan yang kontras antara tebing-tebing yang terjal dengan hamparan pasir putih halus di pinggiran sungai. Sungguh suatu pemandangan yang memukau.Namun untuk mencapai tempat wisata ini belum cukup memadai sehinggi diharapkan bagipPemerintah setempat bisa lebih memperhatikan lagi objek ini terutama akses jalan dan masih minimnya fasilitas yang tersedia untuk publik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama