Breaking News

10 Tempat Wisata di Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi

Damasraya ada sebuah Kabupaten yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Barat. Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang wilayah Dharmasraya sebab Kabupaten ini adalah hasil pemekaran pada tahun 2004. Meskipun masih tergolong kabupaten baru sebenarnya Dharmasraya memiliki catatan sejarah yang lebih tua dan besar dibandingkan beberapa daerah di Sumatera Barat.

Tanah Dharmasraya merupakan salah satu tanah yang dulunya telah berdiri sebuah kerajaan Melayu dengan nama ibu kotanya Pulau Punjung. Sehingga beberapa peninggalan sejarah di wilayah ini sangatlah lengkap dimulai dari Rumah Gadang yang merupakan pemukiman bagi para keluarga kerajaan dan beberapa peninggalan sejarah berupa candi. Sebab sebelum adanya kerajaan islam di tanah dharmasraya ini juga telah berdiri kerajaan Swarnabhumi.

Dalam hal destinasi wisata kabupaten Dharmasraya sumbar tidak kalah menarik dibanding kabupaten lain yang ada di provinsi sumatera barat. Untuk lebih mengenal dan mengetahui tempat wisata di Dharmasyara, berikut ada beberapa daftar objek Wisata di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat Indonesia Yang Terkenal bisa anda jadikan tujuan liburan.

1. Danau Hijau Sungai Rumbai
10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Danau Hijau Sungai Rumbai
Danau Hijau Dharmasraya kini menjadi salah satu tempat wisata baru yang keberadaanya bak primadona. Akhir-Akhir ini Danau tersebut menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi wisatawan.



Keberadaan Danau Hijau ini sungguh sangat fenomenal. Banyak muda-mudi yang sengaja mengunjungi tempat ini meski hanya sekedar mengabadikan moment. Danau ini sangatlah unik disebabkan warnanya berwarna hijau. Sebenarnya danau ini bukanlah terbentuk secara alami melainkan dulunya tempat ini bekas para penambang batu bara yang meninggalkan lubang besar yang menganga hingga terbentuklah semacam sebuah danau.

Keindahan yang ditawarkan dari danau ini adalah keeksotisan alam yang membuat semua mata pengunjung berdecak kagum.



Danau ini terletak di Depan Kantor Tambang Batu Bara Pengean, Sitiung 4, Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya. Sungai rumbai sendiri terletak di perbatasan antara Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Bungo. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke tempat ini dari ibukota Dharmasraya.




2. Danau Cinta (Kawasan Wisata Baranang Siang)

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Tempat wisata di Dharmasraya selanjutnya yang tak kalah keseruannya adalah Danau Cinta. Dari namanya mungkin kita sudah berfikir bahwa danau ini diperuntukkan untuk muda-mudi. Eitss.. Tapi tenang danau ini bisa kok dikunjungi sama kamu yang udah pada tua #Haha.

Oh ya.. Danau CInta di Dharmasraya ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dulunya danau ini hanyalah sebuah kolam ikan, namun dikarenakan pemandangan alam yang begitu indah maka danau indah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Nah dari kisah-kisah cinta yang bersemi disini maka danau ini lebih dikenal masyrakat dengan Danau Cinta.

Danau Cinta terletak di Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Tempat ini sangat cocok menjadi tempat wisata anda bersama keluarga. Wisata khas di tempat ini adalah wisata air yang memberi kesempatan kepada setiap pengunjung untuk mengelilingi danau menggunakan kapal berbentuk bebek. Pokoknya liburan anda akan terasa semakin menyenangkan.



3. Bendungan Batu Bakawik

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Tempat wisata di Dharmasraya berikutnya yaitu Bendungan Batu Bekawik. Bendungan ini merupakan sebuah bendungan terbesar yang digunakan sebagai irigasi untuk mengairi persawahan masyarakat. Sebagai bendungan terbesar di Kabupaten Dharmasraya menjadikan bendungan ini dibangun dengan teknologi modern yang desainnya dipadukan sebagai tempat wisata. Terlebih keindahan yang apabila dilihat dari atas jembatan bendungan tampak indah. Wajar jika setiap harinya banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan Alam berupa hamparan bukit yang menghijau di sekitar irigasi.

Jika anda tertarik berkunjung ke Bendungan Batu Bakawik maka bisa datang ke Kecamatan IX kota, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

4. Air Terjun Timbulun
10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Air Terjun Timbulun atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Pincuran Tujuh Tingkat merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Dharmasraya. Keindahan dan keunikan yang dimiliki air terjun ini yaitu memiliki 7 tingkat yang masing-masing tingkatan memiliki keindahan yang mempesona. Pada tingkatan pertama air terjun ini bisa dijumpai sebuah kolam besar yang bisa digunakan untuk berenang dan tingkatan kedua air terjun lebih di dominasi dengan bebatuan dan arus yang deras, untuk tingkatan berikutnya cukup susah akses untuk mencapai lokasi, namun keindahan yang ditawarkan begitu mempesona.

Jika anda tertarik mengunjungi Air Terjun Timbulun maka bisa datang ke daerah perumnas, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai Painan Timur. Untuk sampai ke lokasi maka anda harus bejalan kaki, namun tak perlu khawatir sajian alam yang indah akan membuat perjalanan anda menyenangkan.

5. Gua Cigak
10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Gua Cigak merupakan salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Dharmasraya. Gua ini menyajikan keindahan stalaktit yang masih alami serta pengunjung juga dapat menjumpai kesegaran air nan jernih yang berada di sekitar Gua.

Gua Cigak terletak di Kampung Surau, Pulau Punjung yang memiliki jarak tempuh sekitar 390 km dari pusat kota. Untuk sampai ke lokasi Gua Cigak memang cukup jauh, namun semua akan terbayar dengan keindahan lokasi yang di dapat setiap pengunjung. Tempat ini juga sangat cocok bagi pecinta hiking sebab jalan yang ditempuh cukup menantang dan membutuhkan energi ekstra.



6. Candi Padang Roco

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Candi Padang Rocoh merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan melayu yang kini menjadi tempat wisata sejarah di Kabupaten Dharmasraya. Konon dulunya candi ini dijadikan sebagai tempat ibadah para raja dan kini keberadaannya sebagai saksi bisu akan setiap peristiwa yang terjadi pada masa itu. Candi ini terdiri dari 4 buah candi yaitu andi Padang Roco yang masing-masing candinya memiliki ukuran serta bentuk yang berbeda-beda sesuai fungsinya pada masa itu.

Candi Padang Roco terletak di Sungai Langsek, Siguntur, Kec Sitiung. Jika anda ingin berkunjung ke candi ini maka anda harus berani merasakan sensasi menaiki transportasi air. Meski menguji adrenalin namun pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan kesegaran hembusan air sepanjang perjalanan.



7. Candi Pulau Sawah

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi

Candi Pulau Sawah juga menjadi salah satu pilihan tempat wisata apabila berada di Kabupaten Dharmasraya. Candi ini terletak di Nagari Siguntur, untuk sampai di tempat ini lagi-lagi pengunjung harus menggunakan transportasi air. Candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Swarnabhumi.



8. Rumah Gadang Kerajaan Siguntur

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Rumah Kerajaan Siguntur merupakan peninggalan sejarah pada zaman kerajaan islam. Rumah bersejerah ini kini dijadikan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Dharmasraya. Rumah bersejarah ini terletaj di Kerajaan Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Disini terdapat beberapa benda peningalan kerajaan yang masih tersimpan rapi oleh aja ke-7, Tuanku Bagindo Ratu.



9. Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Rumah Gadang Rajo Pulau Punjung terletak di Kenegarian IV Koto, Pulau Punjung. Dari cerita sejarah konon rumah ini memiliki keterlaitan dengan Rumah Gadang Sungai Dareh. Rumah Gadang ini juga kini dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata apabila berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya. Pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan raja di pulau junjung yang sampai kini masih terjaga dan tersimpan dengan rapi.



10. Rumah Gadang Rajo Singai Dareh

10 Tempat Wisata di  Dharmasraya yang Wajib di Kunjungi
Tempat wisata terakhir di Dharmasraya yaitu Rumah Gadang Rajo Sungai Dareh. Rumah Gadang ini terletak di Ranah, Sungai Darah. Rumah ini dulunya berdiri dengan sangat megah yang menunjukkan bahwa rumah ini merupakan rumah yang di tempati oleh keturunan raja maupun pemerintah. Kini rumah Gadang Sungai Darah bisa dapat dikunjungi oleh setiap pengunjung yang ingin mengetahui seluk beluk sejarah yang dimiliki oleh Dharmasraya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050