Breaking News

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara Yang Menarik Untuk DIkunjungi

Tempat Wisata di Asahan - Asahan merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara dengan ibukota Tanjung Balai. Mayoritas penduduk disini bersuku melayu. Jarak dari medan ke kota asahan berjarak sekitar 364 km.

Jika anda kini tengah berkunjung ke Kota Medan yang terkenal dengan Danau Tobanya maka tak ada salahnya anda juga bisa menyambangi kabupaten Asahan. Disini terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata andalam di tempat ini yaitu Air Terjun.

Kali ini Jalanncerita.com akan mengajak anda berkeliling-keling agar tahu tempat wisata apa aja yang ada di Kabupaten Asahan ini. Selengkapnya dapat disimak dalam tulisan berikut.

1. Air Terjun Alam Tani Asahan

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
http://anthonynh.blogspot.co.id
Kabupaten Asahan memang terkenal dengan wisata air terjunnya. Salah satu tempat wisata air terjun yang cukup terkenal yaitu Air Terjun Alam Tani atau biasa dikenal dengan Air Terjun Simanik-manik. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter dengan kolam tampung berdiameter sekitar 30 meter dengan kedalam 10 meter. Keindahan air terjun ini tak diragukan lagi. Terletak di tengah hutan dengan panormana keindahan alam yang disajikan begitu alami menjadikan air terjun ini begitu elok.

Di sepanjang perjalanan ke Air Terjun ini maka kita akan menemukan beberapa kolam dangkal dengan air yang jernih dan mendapati beberap Gua yang melengkapi keseruan perjalanan. Jika anda berencana mengunjungi Air Terjun Alam Tani maka bisa datang ke Desa laburrapa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumut. Berjarak tempuh 2-3 jam dari kota kisaran ibukota Asahan. Untuk mencapai lokasi tempat wisata Air Terjun Tani ini maka pengunjung harus berjalan lagi sekitar 200 meter menuju tujuan wisata.

2. Air Terjun Sigura-Gura

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
eloratour.wordpress.com/
Melihat indahnya pesona Air Terjun Sigura-gura membuat kesan yang menakjubkan. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata di Asahan yang cukup terkenal. Bahkan Air terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Sumatera Utara.  Air terjun ini juga termasuk tertinggi di Indonesia dengan ketinggia mencapai 250 meter. Dari kejauhan Air Terjun ini memang sangat indah dan terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan dai kejauhan terdengar dentuman air yang terdengar sangat jelas. Memasuki kawasan air terjun ini maka pengunjung akan merasakan udara sejuk dan banyaknya pepohonan yang mengelilinginya. Di tempat ini ternyata juga sering dijadikan sebagai lokasi ajang kompetisi olahraga air seperti rafting kancah nasional dan internasional.

3. Air Terjun Aek Birong

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
http://backpacksejarah.blogspot.co.id
Liburan ke Kabupaten Asahan sempatkalnlah untuk main menjelajah lembah Asahan. Ada air terjun canti yang bisa menjadi tempat wisata anda namanya Air Terjun Aek Birong. Air terjun ini merupakan air terjun nan indah yang aliran airnya mengalir di sela-sela tebing bebatuan dengan ketinggian 70 meter. Air terjun ini masih satu wilayah kawasan Sigura-Gura. Tepatnya di Kecamatan Aek Songsongan, Asahan. Pengunjung dapat menikmati suguhan perpaduan air terjun yang cantik dan masih alami, tebing yang menjulang tinggi dan hijaunya pepohonan yang cukup membuat rileks perasaan.

4. Air Terjun Bidadari
10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
http://backpacksejarah.blogspot.co.id
Air Terjun Bidadari Setan ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Jembatan Aek Hitam yang berada tepat dibawah jembatan jalan lintas Asahan-Porsea. Sekilas dilihat air terjun ini cukup cantik berbentuk tingkatan dan dikelilingi tebing-tebing tinggi. Air Terjunnya diapit 2 tebing tinggi seolah-olah pemandian para bidadari. Namun di ujung air terjun terdapat kolam yang langsung terhubung dengan Sungai Asahan yang berwarna hitam dan arusnya berputar sehingga terlihat seperti kolam setan. Destinasi wisata ini sangat cocok buat anda yang berjiwa pertualang.

5. Air Terjun Simonang Monang
10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara

Air Terjun berikutnya yang cukup terkenal sebagai tempat wisata di Asahan yaitu Air Terjun Simonang-monang. Air terjun ini terletak di wilayah perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau. Air terjun ini memiliki ketinggian luncuran air setinggi 20 meter dengan luas areal 50 meter lingkaran. Ketika berkunjung kesini maka disarankan untuk berhati-hati dikarenakan belum adanya safety, sehingga masing-masing diri berkewajiban menjaga diri mereka masing-masing. Disini pengunjung bisa mandi dan bermain di antara batuan-batuan besar yang ada disekitar sungai.


6. Jembatan Gantung Bedeng Asahan

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
http://www.negerikuindah.com
Tempat Wisata di Asahan berikutnya yaitu Jembatan Gantung. Konon jembatan ini disebut sebagai peninggalan belanda pada masa itu. Salah satu hal yang membuat adrenalin pengunjung terpacu yaitu pada saat menyebaranginya. Jembatan ini memiliki lebar kurang dari 1 Meter serta pemandangan bawah disuguhkan langsung aliran sungai yang mengalir dibawahnya.

Jembatan Gantung ini terletak di Kecamatan Aek Songongan. Pada hari libur tempat ini akan ramai dipenuhi pengunjung yang walau hanya sekedar ingin bermain air atau mencoba menyeberangi jembatan.

7. Sungai Asahan
10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
http://www.mediaindonesia.com

Jika anda pecinta arum jerang, maka disarankan untuk mencoba datang ke Sungai Asahan. Sungai ini berada di kabupaten Asahan, Sumut. Jalur Sungai Asahan ini bahkan disebut-sebut sebagai jalur arum jeram terbaik ke-3 di dunia, setingkat dibawah zambesi di afrika dan sungai Colorado di Amerika Serikat. Arum jeram sungai asahan merupakan aliran 22 km dari aliran adrenalin yang tak berujung. Aliran sungai ini luar biasa cepat dan terus menerus dengan debit air yang mencapai hingga 120 meter perkubik permeter. Sungai ini memiliki kedalam 5 meter dengan karakteristik arus yang deras sehingga tempat ini sangat sulit dan hanya cocok untuk para penggiat arum jeram skala profesional.



8. Air Terjun Ponot Asahan

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
http://anthonynh.blogspot.co.id
Tempat Wisata selanjutnya di Asahan yaitu Air Terjun Ponot. Air terjun ini meiliki ketinggian 250 meter yang airnya berasal dari anak sungai Asahan. Keunikan dari Air terjun ini berbentuk tidaj jatuh secara lurus vertikal melainkan zigzag. Keindahan yang tersajikan disini dapat dirasakan dari air yang mengalir begitu jernih. Air Terjun Pono terletak di Desa tangga dekat porsea paritohan Kecamatan Pintu Pohan meranti, Kabupaten Asahan, Sumut.

9. Air Terjun Unong Sisapa Asahan
10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
triptrus.com
Tempat wisata di Asahan selanjutnya yaitu Air terjun Unong Sisapa. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dengan dibit air yang cukup banyak sehingga memiliki pancuran yang begitu deras. Air terjun ini terletak di Desa Aek Silabat, Kecamatan Bandara Pasir Mandoge, Asahan. Untuk bisa sampai di lokasi ini membutuhkan waktu 2 jam dengan kendaraan pribadi ataupun umum.

Satu ciri khas yang terdapat disini yaitu Air Terjun Unong Sisapa memiliki karakter alam perbukiran yang dipenuhi dengan bebatuan besar membuat air terjun bebas menerjang melalui bebatun.  Selain itu karya alam yang bergitu luar biasa membuat wisatawan akan berdecak kagum dan terpana. Disini pengunjung bisa bermain air sembari menikmati kesegaran air terjun. Dan juga pengunjung akan dilengkap pemandangan bukit yang hijau dengan sajian kekayaan flora dan fauna serta kicauan burung yang menjadi pelengkap suasana hati anda.

10. Tebing Sampurna Harimau

10 Tempat Wisata di Asahan Sumatera Utara
detik.travel.com
Bagi anda pecinta panjat tebing maka Tebing Sauman Harimau bisa menjadi pilihan. Tempat wisata ini berada di Asahan, Sumatera Utara. Meskipun terletak di daerah yang belum terlalu terkenal namun Tebing Sampurn cukup populer di kalangan panjat tebing. Bahkan seorang pemancat asal prancis Patrick Berhault pernah berbagi ilmu kepada para pemanjat tebing di indonesia di Tebing Sauman Harimau ini. Tebing ini memiliki ketinggian hingga 215 meter dengan sudut kemiringan vertikal 90 derajat. Setidaknya tebing ini bisa menguji adrenalin para pemanjat untuk menyelesaikan tantangan memanjat tebing tersebut. Tebing Sauman Harimau ini terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050