Breaking News

10 Tempat Wisata Alam Tanjung Jabung Timur

Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Propinsi Jambi. Sebagai Kabupaten yang berada paling timur menjadikan kawasan ini kaya akan potensi wisata Alam yang sangat indah. Jalanncerita.com bakal menyajikan beberapa Tempat Wisata Alam yang bisa menjadi pilihan anda ketika berkunjung ke tempat ini.


10 Tempat Wisata Alam Tanjung Jabung Timur Sebagai Berikut :



1. Wisata Alam Taman Nasional Berbak (TNB)


10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
Taman Nasional Berbak merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Taman Nasional ini memiliki keunikan karna terdiri dai gubungan hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang di pesisir timur sumatera. Taman ini berada di ketinggian antara 0- 12,5 m dpl dengan curah hujan rata-rata 2.300 mm/ tahun dengan temperatur 25-28 derajat celcius.


Taman Nasional Berbak ini memiliki luas 100 ribu Ha dengan keragaman floran dan fauna yang sangat tinggi. Tercatat tumbuhan yang terdapat di Taman ini sebanyak 261 jenis yang berasal dari 73 famili yang diantaranya 23 jenis pohon palem dan 10 jenis pandan. Sedangkan dari fauna tercatat 28 jenis mamalia, 224 jenis burung, 44 reptil dan 35 jenis yang tedapat di dalam Taman Nasional Berbak yang kelestariannya terjaga di dalam naungan undang-undang.



Untuk lokasinya Taman Nasional Berbak ini terletak di Berbak yang menjadi bagian Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jika anda dari jambi maka untuk sampai ke berbak jarak yang harus ditempuh sejauh kurang lebih 250 Km. Jika anda berencana untuk berkunjung ke Wisata Alam  Taman Nasional Berbak maka anda bisa berkunjung ke kantor Balai Taman Nasional Berbak, Jln. Yos Sudarso KM.4 PO.Box 122, Sijinjang, Kota Jambi. Tel. 0741-31257.Sehingga wisata anda bisa lebih aman dan menyenangkan dengan terdaftar secara resmi. Selamat berwisata!



2. Taman Selasar Pinang Masak

10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
beritatanjabtim.com
Selasar Pinang Masak merupakan tempat wisata yang kini menjadi kebanggaan bagi warga Tanjung Jabung Timur. Keelokan taman yang berada dibawah jembatan yang menghubungan Kecamatan Sabak Timur ini kian populer semenjak diresmikan oleh Bupati terdahulu, Zumi Zola.


Jika anda berkunjung ke Tanjung Jabung Timur, maka tak ada salahnya anda mampir ke Taman ini. Disini disedikan beberapa pendopo yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak bersama keluarga tercinta dengan suguhan pemandangan Sungai Batanghari. Selain itu di taman ini juga disedikan area bermain bagi anak, taman bunga, serta area olahraga. 



Taman ini sekarang sungguh sangat populer di telinga warga jambi. Hingga menurut pemerintah setempat kelak taman ini akan terus dilakukan pengembangan dengan rencana dibangunnya dermaga yang menyediakan speed boat yang siap mengantar para pengunjung untuk mengjungi kampung nelayan yang berada di sekitar taman hingga bisa membawa pengunjung mengunjungi Taman Nasional Berbak. Sehingga mungkin suatu saat Taman Selasar Pinang Masak ini akan terkenal dengan menarik banyak minat pengunjung bukan hanya dari lokal namun juga sampai mancangara.



3. Wisata Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur


10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
wisataindonesiaraya.com/
Wisata di Tanjung Jabung Timur berikutnya yaitu Wisata Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur. Tempat wisata ini merupakan hutan bakau yang masuk dalam kawasan cagar alam dengan luas 3.826 Ha. Disini anda bisa menemukan berbagai biota air terutama kepiting dan udang Gala. Hutan bakau ini terdapat disepanjang pantai mulai dari pangkal duri, mendahara hingga ke Nipah Panjang. Jika anda berkunjung kesini maka tak ada salahnya mampir ke tempat ini untuk sekedar menambah pengalaman petualang anda!


4. Pantai Cemara

10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
triptrus.com
Pantai cemara merupakan pantai yang memiliki peranan penting bagi tujuan migrasi burung-burung pantai dari belahan dunia. Ya.. mungkin anda sedikit tak percaya. Tapi inilah kenyataaan dunia melirik wilayah ini sebagai pengamatan beragam jenis burung yang berasal dari berbagai dunia. Dinamakan pantai cemara karna pantai ini banyak ditumbuhi pohon cemara. Namun di tempat ini tak ada permukiman masyarakat. Sehingga jika ini menjadi tujuan wisata anda untuk melihat ribuan burung yang bermigrasi ke wilayah ini maka anda harus rela tidur dengan mendirikan tenda di pinggiran pantai.


Pantai Cemara ini memiliki luas sekitar 450 Ha dan merupakan habitat burung air dan daerah persinggahan burung pantai migran yang letaknya bersebelahan dengan Taman Nasional Berbak atau lebih tepatnya terletak di Kecamatan Sadu, Tanjung Jabung Timur.



Ada sekitar 26.000 ekor burung yang ada dipantai ini dan telah diidentifikasi sebanyak 27 jenis burung pantai, 30 jenis burung hutan, dan 11 jenis burung laut. Semua jenis burung biasanya keseluruhan akan berjemur di pantai ini. Menurut saya Amazing sekali, semoga kelak pemerintah Tanjung Jabung Timur lebih memperhatikan dan memfasilitasi akses menuju tempat wisata ini agar lebih mudah dan nyaman.



5. Pulau Berhala

10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
www.goadventure.co.id
Tak ada yang bisa menyembunyikan kebahagian seseorang jika berkunjung ke pulau yang satu ini. Ya.. Pulau Berhala. Pulau yang dahulunya masuk dalam wilayah teritorial Tanjung Jabung Timur yang kini kepemilikannya telah berpindah ke pihak kepulau riau. Namun tak menjadi masalah bagi warga Tanjung Jabung Timur pulau berhala merupakan bagian dari diri mereka.


Jika anda pernah menonton film Laskar Pelangi yang mengambarkan tentang keindahan pantai belitong, maka disini di Pulau Berhala anda akan merasakan sensai yang sama.  Pantai pasir putih, ombak yang tenang, air laut yang jernih, batu-batuan karang besar yang tersusun rapi merukan atraksi dari tempat wisata ini yang sangat memukau.



Pulau Behala terletak dekat dengan Nipah Panjang yang jarak dari Nipah-Pulau Berhala bisa ditempuh dengan speed boat selama 45 menit. Jika anda berencana berkunjung ke Pulau ini maka anda bisa menghubungi beberapa agen travel untuk memudahkan perjalan wisata anda.



6. Sumber Mata Air Panas



Sebagai daerah pesisir Tanjung Jabung Timur ternyata memiliki banyak potensi pariwisata yang perlu terus digali. Salah satunya yaitu Sumber Mata Air Panas yang terletak di Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai. Sumber Mata Air ini terdiri dari 4 titik, yang dimana masing-masing titik mata air memiliki ketinggian suhu yang berbeda-beda. Sehingga mungkin pengunjung perlu lebih waspada apabila akan berkunjung ke tempat ini.



Meskipun saat ini sumber mata air belum dikelola secara baik oleh pemerintah setempat. Namun jika anda ingin berkunjung kesana maka anda bisa meminta bantuan kepada warga setempat untuk memandu anda. Sebagai masyarakat kita berhadap kedepannya semoga tempat-tempat yang potensial yang bisa dijadikan pariwisata bisa lebih dimaksimalkan lagi di dalam pengolahannya.



7. Wisata Alam Adrenaline "Crocodile Safari"

10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
eldoclass.blogspot.com
8. Pantai Air Hitam Laut

10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
eldoclass.blogspot.com
Pantai Air Hitam Laut merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di  Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Saud, TanjabTimur. Sesuai dengan namanya warna air dipantai ini berwarna hitam sehingga disebutlah Pantai Air Hitam Laut.


Tempat ini memiliki kekayaan berupa hasil laut dan wallet serta menjadi lahan basah bagi peryumbuhan mangrove. Pantai Air Hitam laut yang berada di TanjabTimur ini sangat terkenal dengan acara tahunannya yaitu "Mandi Safar", Setiap tahunnya banyak wisata yang berkunjung kesini berasal dari berbagai daerah untuk menyaksikan tradisi tahunan ini. Bahkan pemerintah setempat dan masyarakat pun turut andil dalam memeriahkan acara ini.



9. Kampung Laut


10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
Tribunews.com
Kampung laut merupakan salah satu destinasi wisata andalan tahunan di TanjabTimur. Ragam biota yang dimiliki wilayah ini menjadi daya tarik wisata. Salah satu wisata yang sangat populer dan hanya dilakukan satu tahun sekali yaitu taradi Menyumbun dan memutik (mancing sumbun). I


Sumbun (penyebutan bagi warga Tanjung Jabung Timur yang berarti kerang bambu/ kerang laut). Dulunya kegiatan ini dilakukan oleh suku duano yang hidup di atas laut. Namun kini kegiatan menyumbun umum dilakukan oleh masyrakat tanjung jabung timur.



Festival menyumbun ini dilakukan setahun sekali dari kurun waktu Juni hingga Agustus mengikuti surutnya air laut. Itupun hanya berlasung selama 1 minggu air laut akan surut hingga membentuk pulau kecil seluas 4-10 kali lipat lapangan sepak bola. Sehingga pada saat ini seluruh warga berbondong-bondong untuk melakukan kegiatan Menyumbun. Mereka hanya memiliki waktu 2 jam setiap harinya selama 2 jam. So.. Jika anda sangat ingin melakukan kegiatan menyumbun maka anda bisa datang pada Tahun 2017 ke ketempat ini karna bakal menjadi wisata yang tak akan terlupakan.



10. Kota Kandis

10 Tempat Wisata Tanjung Jabung Timur Yang Wajib Dikunjungi
www.mongabay.co.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050