Tempat Wisata Yang Bagus di BlangPidie

Wisata Abdya - Pesona wisata serambi mekah memang telah tersohor di nusantara maupun mancanegara. Keunikan budaya dan kearifan lokal masyarakatnya menjadi magnet yang mampu memikat hati para wisatawan untuk betah berlama-lama.

Salah satu kabupaten yang menyimpan pesona indah dengan berbagai objek wisata menarik adalah kabupaten Aceh Barat Daya atau yang kerap disingkat Abdya ini.

Kabupaten Abdya memiliki ibukota kabupaten yang bernama Blangpidie. Berjarak sekitar 357,9 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan darat dari Banda Aceh. Pemandangan indah akan menyejukkan mata Anda di sepanjang jalan Jl. Meulaboh - Banda Aceh dan Jl. Meulaboh - Tapaktuan.

Daerah yang merupakan gugusan pegunungan nan sejuk merupakan jalur bukit barisan yang membentang di pulau Sumatera.

Berikut ini objek wisata yang ada di Abdya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Blangpidie. 

1. Pantai Jilbab
a photo by @tariroesdi Via instagram
Mendengar nama pantai ini, tentunya agak unik ditelinga Anda. Pantai Jilbab sebuah pantai yang terletak di  Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Berjarak sekitar 4 kilometer dari ibukota Aceh Barat Daya Blangpidie melalui Jl. Meulaboh - Tapaktuan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Jalan dalam kondisi yang baik sehingga perjalanan menuju tempat wisata ini menjadi begitu menyenangkan.

Objek wisata ini dikatakan pantai jilbab karena setiap pengunjung perempuan yang berkunjung ke pantai ini harus menggunakan jilbab, sesuai syariat islam yang berlaku.Sama seperti pantai lainnya di Aceh, pantai jilbab memiliki pasir yang indah dan luas sehingga pengunjung bisa bebas bermain-main pasir dengan aman. 

Pemandangan indah pulau gosong dan samudera Hindia membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini. Fasilitas berupa deretan pondok merupakan tempat terbaik bagi para keluarga menikmati laut lepas dengan pemandangan pulau gosong. 

Pantai indah ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati indahnya matahari terbenam. Setiap hari, Pantai Jilbab selalu ramai dikunjungi para muda mudi yang nongkrong ataupun para keluarga yang ingin menikmati suasana alami pantai yang indah dan sopan tentunya.


2. Pemandian Krueng Baru


sumber : khaidhirsyarif.wordpress.com

Pemandian Krueng Baru terletak di Kecamatan Lembah Sabil. Berjarak 27 kilometer dari ibukota Abdya Blangpidie, memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan darat dengan biaya sekitar Rp15.000 sampai dengan Rp20.000,.

Pemandian alami ini merupakan sungai yang sangat indah dengan bebatuan dan aliran air yang sangat jernih. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti cafe ataupun tempat peristirahatan yang dapat memanjakan pengunjung.

Untuk menikmati pemandian in Anda dapat membayar sebesar Rp5.000 sebagai biaya retribusi dan parkir motor Rp2.000. Pemandian ini merupakan salah satu tempat yang sangat tepat untuk Anda melepas lelah.


3. Pantai Wisata Ujong Ketapang


sumber : www.sentralpariwisata.xyz
Pantai Ujong Ketapang adalah salah satu pantai indah dengan pasir putih yang sangat indah. Pantai ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk menikmati sunset yang indah dan merasakan suasana senja yang begitu romantis.


4. Taman Laut Ujung Manggeng



sumber : acehplanet.deviantart.com
Ini dia salah satu tempat terindah yang ada di Abdya. Taman nanhijau berpadu indah berada dipinggir pantai. Objek Wisata pantai yang berlokasi di desa Ujung Raja dapat diakses dengan 3 jam 19 mnt (165,5 km) lewat Jl. Meulaboh - Tapaktuan.

Suasana hijau dan alami taman ini memang menjadi surga bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan tamana yang berada dipinggir pantai yang memiliki luas 3 hektare ini. Biaya transportasi dari Blangpidie sekitar Rp60.000 sampai dengan Rp100.000, tergantung kendaraan apa yang Anda gunakan. Keindahan alam yang benar-benar luar biasa dan memanjakan mata, akan melepas rasa lelah Anda.

5. Pantai Ujung Manggeng 


sumber : http://www.imgrum.net/

Pantai Ujong Manggeng merupakan salah satu destinasi unggulan yang begitu terjaga keindahan dan keasriannya. Pantai indah ini merupakan salah satu primadona wisata bahari di Abdya.

Pantai indah yang berpasir keabuan-abuan nampak begitu serasi dengan pepohonan cemara, kelapa serta rerumputan hijau yang terlihat begitu bersih. Hembusan angin dan hempasan air laut membuat suasana pantai ini begitu nyaman. 

Pantai Ujung Manggeng terletak di Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya ini. Berjarak 386 kilometer dari pusat kota Banda Aceh memakan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan. Sedangkan dari Blangpidie berjarak 18 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. 

Dari ibukota kecamatan Manggeng, Anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 10 kilometer dengan kondisi jalan sangat mulus. Pantai yang eksotis ini, memiliki pesona yang benar-benar luar biasa. Sayang rasanya, jika Anda lewatkan ketika berada di Abdya.


6. Pulau Gosong

sumber : www.youtube.com


Pulau Gosong merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di Abdya. Lokasi Pulau Gosong terletak di Kecamatan Susoh yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Blangpidie. 

Dari kota banda Aceh menuju pulau ini memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Saat Speed Boat mendekat ke pulau ini, nampak indah gradasi air laut dengan karang yang nampak jelas karena air lautnya sangat jernih.

Pulau indah ini merupakan pulau mungil dengan pasir putih yng berpadu indah dengan pepohonan cemara. Terlihat begitu menakjubkan. 

Untuk menyeberang ke Pulau Gosong dari dermaga Ujong Serangga berjarak sekitar satu mil dengan sewa speed boat sekitar Rp300.000 untuk beberapa penumpang.

Beberapa terumbu karang terlihat jelas berukuran cukup besar. Beberapa ikan yang indah dan menakjubkan seperti ikan nemo terlihat cantik diantara terumbu karang yang indah. 

Pulau Gosong layak menjadi tujuan snorkeling bagi Anda pencinta keindahan bawah laut. Benar-benar layaknya sejengkal tanah surga yang jatuh ditengah lautan. Tak terlukiskan keindahannya.

7. Gua Seumancang Kuta Tinggi

sumber  www.acehbaratdayakab.go.id
Gua ini terletak di desa Babah Lhung kemukiman Kutatinggi yang berjarak 3,24 Km dari ibukota Kabupaten.

Gua eksotis ini menampilkan pesona indah stalakmit dan stalaktit yang belum tersentuh dan terjamah coretan tangan-tangan jahil manusia. Bagi Anda para pencinta alam, sangat sayang rasanya jika Anda tak mengunjungi gua indah yang satu ini.

8. Pemandian Putroe Ijoe

sumber : www.imgrum.net
Pemandian Putroe Ijo adalah sebuah pemandian dengan suasana asri yang dikenal masyarakat setempat Pucok Krueng. Pemandian ini terletak di di desa Alue Seulaseh, Kecamatan Jumpa. Berjarak sekitar 7 kilometer dari kota Blang Pidie dengan waktu temuh sekitar 10 menit perjalanan.

Suasana asri dan alami membuat pemandian ini menjadi primadona. Kolam kolam kecil bebatuan terasa sangat sejuk karena berasal dari pegunungan Putro Aloh yang berada tak jauh dari tempat ini.

a photo by @ulfariantii via imgrum
Ketika Anda terus berjalan menyusuri aliran sungai, pengunjung akan menemui sebuah kolam eksotis yang berada di bawah air terjun putroe Ijoe.

Perjalanan ke tempat ini memang tersa begitu indah. Wajar jika pemandian eksotis ini menjadi salah satu tujuan wisata Anda di Abdya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama