Tempat Wisata Pontianak Yang Menarik Dikunjungi

12 tempat wisata di pontianak dibawah ini.

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang - Wisata Kota Pontianak
Pantai Pasir Panjang – Wisata Kota Pontianak
Lokasi pantai satu ini memang termasuk jauh, berada di kecamatan 17 Singkawang dan wisatawan harus menempuh paling tidak 2 jam perjalanan. Namun keindahan pantai berpasir putih yang bersih, dengan ombak tinggi yang digunakan untuk berselancar serta banyaknya aktifitas air yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Panjang membuat lokasi wisata ini tetap saja banyak dikunjungi.

2. Taman Alun-Alun Kapuas


Seperti dibahas diatas, Sungai Kapuas merupakan salah satu sungai paling besar di Pontianak dan menjadi pusat pengairan di kota tersebut. Selain itu, sungai Kapuas yang melintas tepat di tengah kota dan menjadi alur transportasi air di kota tersebut. Namun selain itu, pada tepian sungai kapuas pun dibangun sebuah taman atau alun-alun dengan pemandangan dan penataan yang menarik. Taman Alun-alun Kapuas pun menjadi salah atu tujuan wisata yang menarik di kota Pontianak.

3. Tugu Digulis (Tugu Bambu Runcing)

Tugu Bambu Runcing - Wisata Kota Pontianak
Tugu Bambu Runcing – Wisata Kota Pontianak
Tugu yang tepat berada di tengah kota Pontianak ini merupakan slaah satu monumen pneting di Pontianak. Tugu Digulis (Tugu Bambu Runcing) adalah pertanda dari perjuangan rakyat Pontianak dalam merebut kemerdekan Indonesia. Tak hanya untuk napak tilas sejarah perjuangan, di monumen ini pengunjung pun bisa bersantai menikmati keindahan taman serta air mancur berwarna-warni di Tugu Digulis (Tugu Bambu Runcing).

4. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa - Wista Kota Pontianak
Tugu Khatulistiwa – Wista Kota Pontianak
Berkunjung ke Pontianak rasanya tak lengkap tanpa datang ke tugu Khatulistiwa yang berada 3 KM dari pusat kota Pontianak ini. Disini pengunjung biasany berfoto sebagai kenang-kenangan serta membeli cenderamata.

5. Rumah Betang radak

Rumah Betang Radak - Wisata Kota Pontianak
Rumah Betang Radak – Wisata Kota Pontianak
Rumah Betang radak merupakan sebuah replika bangunan rumah adat suku Dayak yang dibangun di kota Pontianak. Rumah adat satu ini pernah meraih rekor sebagai rumah adat terbesar karena dibangun dengan panjang 138 meter dan lebar 5 serta 7 meter.

6. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center - Wisata Kota Pontianak
Aloe Vera Center – Wisata Kota Pontianak
Bila berlibur ke Pontianak dengan si buah hati, maka taman satu ini bisa menjadi pilihan. Aloe Vera Center merupakan taman bermain dan belajar yang mengkhususkan diri pada tanaman aloe vera atau lidah buaya, dimana pengunjung bisa belajar cara menanam, merawat, hingga mengolah lidah buaya menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan.

7. Kampung Beting


Kampung Beting yang terletak di Pontianak Timur, tepatnya di pertemuan kedua sungai Kapuas dan Sungai Landak merupakan sebuah area peradaban asli warga Pontianak yang masih dijaga dan dilestarikan hingga saat ini. Paling unik di Kampung Beting adalah penataan rumah-rumah yang dibangun diatas sungai, dan untuk menghubungkan setiap rumah terdapat jembatan dari kayu atau beton. Warga di kampung Beting menggantungkan hidup pada sungai, mulai dari untuk mandi, hingga untuk transportasi.

8. Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman


Masjid ini awalnya bernama Jami Tua. Dibangun pada Kesultanan Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie, masjid yang saat ini bernama Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman tersebut menjadi awal dari berdirinya kota Pontianak. Dan hingga saat ini masjid ini pun masih digunakan untuk berbagai aktifitas keagamaan oleh warga Pontianak. Tak hanya karena sejarahnya, Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman pun dikunjungi berkat gaya arsitektur yang masih khas bangunan suku Dayak.

9. Vihara Bodhisatva Karaniya Metta


Kelenteng ini dibangun pada zaman Dinasti Kang Hie ( 1645 – 1772 ), dan dulunya bernama kelenteng tiga atau Thian Hou Keng. Ada vihara besar di tengah kota Pontinaak menjadi bukti bahwa kota ini sangat menjunjung tinggi perbedaan dan setiap maisng-maisng agama hidup berdampingan dengan damai. Vihara Bodhisatva ini terletak di Jalan Sultan Muhammad Kampung Darat Sekip, Kelurahan Darat Sekip, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya persis diantara jalan Sultan Muhammad dan jalan Gusti Ngurah Rai.

10. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas Pontianak

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas Pontianak - Wisata di Pontianak
Museum Negeri Sejarah Budaya Khas Pontianak
Museum Negeri Sejarah Budaya Khas Pontianak pertama kali diresmikan pada tahun 1974 oleh Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Kalimantan Barat melalui Proyek Rehabilitasi dan Perluasan Permuseuman Kalimantan Barat sebagai museum resmi provinsi Kalimantan Barat. Walau begitu, museum ini baru dibukan untuk umum pada 4 Oktober 1983, setelah fungsionalitasnya diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Depdikbud. Lalu, apa menariknya dari museum ini? Banyaknya koleksi di museum ini dibagi menjadi 4 seksi yang berbeda, yaitu seksi pendidikan, seksi kelembagaan, seksi koleksi, dan seksi peralatan. Disini pengunjung tak hanya dapat melihat-lihat koleksi, namun juga mengikuti banyak kegiatan yang diadakan oleh museum. Mulai dari pameran lukisan, lomba cerdas-cermat, lomba melukis, dan banyak lainnya.

11. Keraton Kesultanan Kadariah


Keraton Kesultanan Kadariah pertama kali dibangun oleh kesultanan Pontianak, tepatnya didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada 14 Rejab 1185 H bersamaan 23 Oktober 1771M. Dulunya, Keraton Kesultanan adalah tempat pusat pemerintahan kesultanan Pontianak, namun saat ini Keraton Kesultanan Kadariah lebih sebagai museum dengan banyak koleksi budaya dari kesultanan Pontianak jaman dulu.

12. Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan)


Hutan Kota (Arboretum Sylva Untan) merupakan salah satu daya tarik tersendiri di tengah kota Pontianak. Disini terdapat koleksi dari berbagai tanaman dan banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan. Baik itu dalam bidang pendidikan, hingga aneka ragam kebudayaan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama