Tempat Wisata Bengkalis Lagi Hits

Wisata Bengkalis - Bengkalis merupakan salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Riau yang memiliki potensi luar biasa. Kabupaten ini memiliki letak yang amat strategis yaitu berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Bengkalis yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah memiliki pesona budaya dan keindahan alam yan layak untuk Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata di pulau Sumatera. Apa saja tempat-tempat indah dan menarik tersebut ? Berikut ulasannya. 

1. Pantai Rupat Utara

sumber : www.riausidik.com
Pantai Rupat Utara merupakan pantai cantik yang terdapat di pulau Rupat. Pulau Rupat merupakan deretan pulau yang berada di Garis terdepan Indonesia. Kondisi pantai yang berada di pulau yang dihuni sekitar 50.000 jiwa ini sangat alami dan indah.

Pantai ini terletak di desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Untuk sampai ke pulau nan eksotis ini, dari kota Pekanbaru Anda harus melakukan perjalanan menuju pelabuhan Dumai dengan jarak sekitar 181 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.   


Setelah sampai di pelabuhan Buluh Kasap Dumai, Anda harus menyeberang  sekitar setengah jam perjalanan Anda akan sampai di pelabuhan pulau Rupat. Untuk menyeberang Anda akan dikenakan tarif Rp100.000,- untuk mobil dan Rp10.000,- perpenumpang. Kemudian Anda harus melakukan  perjalanan selama 3 jam untuk menuju pantai rupat utara yang begitu asri dan menarik ini.


Fasilitas di Rupat Utara terbilang cukup memadai. Tersedia penginapan dan beberapa tempat makan yang akan membuat perjalanan wisata Anda begitu menarik dan nyaman. 


Sesamai di pantai ini Anda akan begitu terpesona dengan keindahannya yang mirip dengan pantai sanur di Bali. Di pantai ini Anda dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset, berenang di pantai yang biru jernih dengan pasir putih yang menawan, menyaksikan pesona budaya tari zapin api yang unik serta menikmati jajanan khas Rupat ang sangat lezat.


2. Pulau Beting Aceh

Sumber : Tripriau.com

Tak jauh dari pantai rupat utara, Anda dapat menyeberang ke pulau nan eksotis dan tak berpenghuni yaitu Pulau Beting Aceh. Pulau Cantik dengan pasir putih dan pemandangan yang menyejukkan mata Anda ini merupakan salah satu tempat terindah yang ada di Bengkalis.

Pulau tak berpenghuni ini, layak Anda jadikan tempat untuk berbulan madu dengan suasana yang begitu syahdu dan Anda juga akan merasakan memiliki private beachdengan luas sekitar 2 hektare.


3. Wisata Hutan Lindung Bukit Batu

a photo by amir_hamz
Tempat lainnya yang menjadi favorit di Bengkalis adalah kawasan Hutan Lindung Bukit Batu. Kawasan ekowisata hutan rawah gambut ini merupakan tempat yang sangat asri dengan kekayaan flora dan fauna.

4. Taman Pelatihan Gajah Bukit Batu


Berada di kawasan yang sama dengan hutan rawah gambut, ada satu tempat yang menjadi favorit bagi wisatawan jika berkunjung ke Bukit Batu yaitu  Pusat Pelatihan Gajah. Di tempat ini Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan Gajah yang telah dilatih bahkan Anda dapat menunggangi gajah tersebut. Gaja-gajah terlatih ini sangat atraktif dengan berbagai atraksi yang memukau pengunjung.

5. Taman Laut Prapat Tunggal 

sumber : Halloriau.com
Salah satu tempat terindah di Bengkalis lainnya adalah Taman Laut Prapat Tunggal. Tempat ini amat terkenal dengan keindahan alam yang berpadu dengan aktivitas nelayan yang lalu lalang setiap harinya. Keindahan lainnya adalah keindahan bawah laut dan keeksotisan sunset kala senja tiba. Benar-benar luar biasa. Di tempat ini tersedia berbagai tempat makan dengan citarasa yang begitu luar biasa.

6. Pantai Jangkang

sumber : tifanyputrisahara.blogspot.co.id
Pantai Jangkang adalah sebuah pantai yang indah yang terletak di Desa Jangkang.  Pantai ini sangat indah dengan deretan tangga yang memanjang dekat bibir pantai. Pantai berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota Bengkalis. Pantai dengan pasir hitam ini, sangat indah jika dinikmati sore hari. Namun, fasilitas di pantai ini masih sangat minim. Untuk berkunjung ke tempat ini Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya.

7. Pantai Selat Baru
sumber : www.pecintaalam.org
Tak lengkap rasanya jika ke Bengkalis, Anda tidak mengunjungi pantai indah ini. Pantai cantik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan masyarakat yang ingin menikmati suasana indah laut Bengkalis. Pantai ini terletak di Desa Selat Baru Kecamatan Bantan berjarak 13,3 kilometer dari Kota Bengkalis. Keindahan pantai ini benar-benar mempesona. 

8. Rumah Adat Melayu Bengkalis

sumber : Lancangkuning.com
Bagi Anda penggemar wisata budaya, Balai adat melayu Bengkalis dapat Anda jadikan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi jika ke Bengkalis. Rumah adat yang melambangkan kebesaran budaya melayu ini memiliki arsitektur dan desain ruang yang unik dan khas. Balai adat ini berlokasi di Jl. Gatot Subroto di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

9. Taman Kera Jinak Sekodi

sumber : Detikforum
Jika Anda ingin berinteraksi dengan binatang primata kera, Anda dapat mengunjungi taman kera jinak yang terletak di tepi pantai Desa Sekodi. Taman ini berjarak sekitar 50 kilometer dari Kecamatan Bengkalis dengan waktu tempuh sekitar sejam lebih. Selain, berinteraksi dengan kera-kera yang jinak, tak jauh dari tempat ini juga terdapat pantai dengan panorama yang begitu indah.

10. Masjid Agung Istiqomah Bengkalis

sumber : kaskus.com
Masjid Agung Istiqomah adalah salah satu tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi di Bengkalis. Masjid yang memiliki arsitektur yang sangat indah ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat Bengkalis. Perpaduan gaya arsitektur melayu, arab dan turki  membuat masjid ini terletak indah dan menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah. Masjid ini terletak JL. Kapten Patimura, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. 

11. Hotel Marina Bengkalis

sumber : marinahotel.blogspot.com
Hotel Marina yang terletak di jalan Yos Sudarso ini merupakan hotel terbesar yang ada di pulau Bengkalis. Hotel ini dilengkapi berbagai fasilitas dengan pemandangan indah pantai Marina yang amat menyejukkan mata.

Keindahan Bengkalis memang luar biasa, kabupaten ini layak menjadi tujuan wisata Anda karena keindahan dan keunikan budayanya yang begitu mempesona.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama