Breaking News

Keutamaan Bulan Rajab


Bulan Rajab merupakan salah satu diantara empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, yang disebut "Asyhurul Hurum," sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an :
"Sesungguhnya hitungan bulan disisi Allah ada dua belas bulan yang disebutkan dalam kitab Allah di hari Allah menciptakan langit-langit dan bumi, diantaranya dua belas bulan itu ada empat bulan yang dimuliakan ." (QS : At-taubah : 36)
Tiga Bulan berurutan, yaitu Dzulqoidah, Dzulhijjah, Muharrom dan yang satu berpisah yaitu Rajab.
Bulan Rajab dikenal dengan sebutan Al Ashom, Yaitu bulan yang tuli karena tak terdengarnya suara peperangan didalamnya, Karena Allah telah merajam musuh-musuhNya dan para syaiton, sehingga mereka tak dapat mengganggu para aulia dan solihin. Bulan rajab juga ikenal  sebagai bulan Ashab,yakni bulan kucuran rahmat bagi hamba-hamba Allah yang bertaubat di dalamnya dan limpahan cahaya-cahaya qobulnya bagi seluruh alam.

Kata Rajab terdiri dari Ra', Jim dan Ba', masing-masing berarti : Rahmatullah, Jirmil abdi dan Birullahi Ta'aalaa, yang seolah-olah dikatakan : "Hai hamba-Ku, Kujadikan dosa-dosa dan kebaikanmu diliputi dengan rahmat-Ku, Maka tiada tetap dosa-dosamu berkat kemuliaan bulan Rajab" ( Majalisul Anwar)

Nabi Muhammad SAW bersabda :
"Bahwasanya Rajab itu bulan Allah, Sya'ban bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku"
Hadis ini disebutkan dalam kitab Al-Jami karya Imam Suyuti. Para ulama menerangkan maksud hadis ini. Rajab adalah bulan Istigfar, Sya'ban adalah bulan untuk memperbanyak Sholawat kepada Rosulullah SAW, dan Ramadhan adalah bulan memperbanyak bacaan Al-Qur'an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By malekazis.com copyright 1995-2050